Hujan Deras Beberapa Jam, 7 Desa di Brebes Banjir


Sejumlah mobil terendam banjir di Cipinang Melayu, Jakarta, Rabu (1/1/2020). Banjir akibat luapan kali Sunter ini merendam rumah warga hingga ketinggian 2 meter. AKTUALITAS.ID / Kiki Budi Hartawan.

AKTUALITAS.ID – Hujan deras yang mengguyur selama beberapa jam di kawasan Brebes, Jawa Tengah, menyebabkan banjir di tujuh desa di Kecamatan Ketanggungan, Larangan dan Banjarharjo. Banjir ini akibat luapan Sungai Babakan (Ketanggungan) dan Kebuyutan (Banjarharjo).

Banjir di Ketanggungan disebabkan luapan sungai Babakan. Sungai ini meluap lantaran hujan deras di kawasan Brebes bagian selatan yang berlangsung sejak siang hingga sore.

Guyuran hujan ini mengakibatkan intensitas air dari hulu ke hilir sungai Babakan menjadi tinggi. Akibatnya air meluap dan menggenangi enam desa di sepanjang aliran sungai tersebut.

Enam desa itu masing masing Desa Karangbale Kecamatan Larangan, Desa Ketanggungan, Karangmalang, Baros, Dukuhturi dan Buara (Ketanggungan). Di enam desa ini ketinggian banjir antara 40 sampai 100 cm.

“Sepanjang Jalan A Yani dan Jalan Jendral Sudirman Kecamatan Ketanggungan, tidak bisa di lalui oleh kendaraan roda dua. Kendaraan yang ingin melalui Tol Pejagan ke Purwokerto via Ketanggungan diharapkan berhati-hati. Ketinggian air di sepanjang Jalan A Yani dan Sudirman masih tergenang dan bisa mengakibatkan mogok,” kata Kepala BPBD Kabupaten Brebes, Nuhsy Mansur.

Menurut Nuhsy, sejumlah relawan dari BPBD, PMI, TNI dan Polri dikerahkan untuk membantu para korban. Mereka dievakuasi ke tempat yang lebih aman.

“Tim evakuasi korban banjir sungai babakan masih terfokus di Desa Karangbale, Karangmalang dan Desa Ketanggungan. Karena di tiga titik ini banjir masih lumayan besar,” sambungnya.

Sementara, banjir di wilayah Desa Banjarharjo Kecamatan Banjarharjo disebabkan karena luapan sungai Kebuyutan. Sungai ini meluap karena hujan yang berlangsung sejak pukul 15.00 WIB sampai 20.00 WIB.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Pihak BPBD masih melakukan pendataan di lokasi kejadian.

Pantauan BPBD Brebes hingga pukul 21.30 WIB, di beberapa desa banjir sudah mulai surut. Hal ini karena lokasi desa tersebut cukup tinggi sehingga banjir tidak menggenang lebih lama.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>