Menteri Kesehatan Israel dan Istrinya Positif Corona


Gambar oleh Gerd Altmann dari Pixabay

Menteri Kesehatan Israel Yaakov Litzman dan istrinya didiagnosa positif virus corona Covid-19. Litzman yang berusia 71 tahun adalah pejabat paling senior di Israel yang terinfeksi virus corona jenis baru ini.

Laman The Times of Israel melaporkan, Kamis (2/4/2020), Menkes Litzman dan istrinya dikabarkan dalam keadaan sehat dan menjalani isolasi. Semua orang yang sempat melakukan kontak dengan mereka juga akan diminta untuk swakarantina.

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu sudah diberitahu kabar ini. Netanyahu sendiri baru saja selesai karantina setelah penasihatnya positif virus Corona.

Menkes Litzman disebut akan tetap bekerja seperti biasa berdasarkan perintah dokter. Total kasus virus corona di Israel sudah menembus 6.000 orang.

Berdasarkan panduan Kementerian Kesehatan Israel, puluhan ribu masyarakat harus menjalani karantina akibat berpotensi terpapar Virus Corona. Israel belum melaksanakan karantina wilayah (lockdown), tetapi warga tak boleh keluar rumah jika tidak membeli keperluan pokok.

Menkes Litzman sempat mendapat kritikan karena menunda pelarangan berkumpul di tempat umum ketika Virus Corona mulai merebak. Litzman yang penganut Yahudi ultra-Orthodox dinilai menunda agar festival religius tetap berjalan, ia bahkan menentang penutupan sinagog.

Pejabat senior di rumah sakit-rumah sakit Israel pun meminta supaya menteri kesehatan diganti oleh sosok yang lebih profesional mengingat sedang ada wabah Virus Corona. Litzman merupakan anggota partai Yahudi konservatif yang berkoalisi dengan Netanyahu.

“Ini saat yang tepat agar profesional diangkat menjadi kepala Kementerian Kesehatan, yakni seorang doker dengan banyak pengalaman di layanan kesehatan Israel,” ujar para pejabat RS. “Kesehatan diutamakan dari yang lainnya, tentunya didahulukan sebelum politik.”

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dinyatakan negatif Virus Corona (COVID-19). Netanyahu melakukan tes setelah seorang penasihat beserta suaminya dinyatakan positif terinfeksi.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>