Ditengah Pandemi Corona, Ratusan Napi di Sorong Rusuh Minta Dibebaskan


Ilustrasi , Foto: Istimewa

AKTUALITAS.ID – Ratusan Warga Binaan di Lapas Sorong, Papua Barat membuat kerusuhan. Mereka ingin dibebaskan dengan alasan kemanusiaan di tengah pandemi virus Corona (COVID-19) di Indonesia.

Seperti dilansir dari Antara, Kamis (23/4/2020) narapidana tersebut membakar kasur dan berusaha menjebol tembok guna membebaskan diri. Namun, aksi tersebut berhasil digagalkan aparat TNI dan Polri.

Kepala Lapas Sorong, Nunus Ananto mengatakan kerusuhan di dalam lapas itu dilakukan oleh 335 warga binaan. Mereka, kata Nunus, melakukan kerusuhan tersebut bertujuan agar mereka dibebaskan.

“Mereka minta dibebaskan dengan alasan kemanusiaan ingin merasakan hidup bebas seperti warga lainnya dan khawatir dengan wabah ini,” katanya.

Nunus menyebut bahwa situasi terkini sudah aman. Petugas lapas, kata dia, melakukan pendekatan persuasif dengan para narapidana tersebut agar mau kembali ke kamar masing-masing.

Sementara itu, Kapolres Sorong Kota, AKBP Ary Nyoto Setiawan mengatakan bahwa sekitar 300 prajurit gabungan TNI dan Polri diturunkan guna mengamankan situasi. Menurutnya, aksi warga binaan tersebut berkaitan dengan permintaan asimilasi dan mereka dihimbau agar tenang sehingga permasalahan dapat diselesaikan.

“Di lapangan sudah tenang dan warga binaan dihimbau agar tidak lagi beraksi. Aparat gabungan TNI dan Polri masih terus siaga sampai situasi benar-benar aman,” pungkasnya.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>