Tidak Mudik, Jokowi: Cara Bijaksana Lindungi Keluarga di Kampung


Presiden Joko Widodo

AKTUALITAS.ID – Presiden Joko Widodo lagi-lagi mengingatkan rakyat Indonesia untuk tidak mudik di tengah pandemi covid-19 saat ini. Pesan tersebut disampaikan oleh Presiden melalui sosial media Instagram dan juga Twitter pada Sabtu (9/5/2020).

“Hari-hari ini, pada tahun-tahun yang lampau, biasanya kita sedang menanti-nanti saat untuk mudik Lebaran, ke kampung halaman untuk bertemu orang tua, kerabat, dan handai taulan. Tapi dunia tengah dicengkeram pandemi covid-19,” tulis Jokowi.

Karena itu, mantan Wali Kota Solo dan Gubernur DKI Jakarta ini menyampaikan bahwa tidak mudik adalah cara yang paling bijaksana untuk melindungi keluarga di kampung.

“Dengan bersabar menahan rindu di perantauan, kita telah mengambil peran dalam memutus rantai penyebaran virus covid-19. Kita tidak mudik karena kita sayang kepada keluarga,” pesan Jokowi.

Sejalan dengan arahan Presiden Jokowi tersebut, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo juga pernah menyampaikan kepada publik penegasan untuk tidak mudik.

Kebijakan terkait larangan mudik ini dilatarbelakangi beberapa pertimbangan. Seperti memutuskan mata rantai penularan dengan pemberlakuan protokol kesehatan yang ketat.

Kemudian meningkatkan keberhasilan pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar. Dan juga efektivitas pelaksanaan kegiatan transportasi dalam rangka pemenuhan kebutuhan nasional selama darurat bencana covid-19.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>