PSBB Dilonggarkan, KNPI Sebut Pemerintah Sama Saja Melepas Virus


Ketua Umum KNPI Haris Pertama

AKTUALITAS.ID – Kebijakan pemerintah yang mengizinkan operasional transportasi umum darat, laut, dan udara di tengah kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dikritik. Pemerintah seharusnya hati-hati dan jangan terburu-buru.

Kebijakan tersebut disesalkan karena dikhawatirkan justru membuat penyebaran virus makin masif. Ketua Umum DPP KNPI Haris Pertama mengkritisi kebijakan ini seperti melepas potensi virus Corona Covid-19.

“Sama saja melepas virus bebas memilih korbannya,” kata Haris, Kamis, (14/5/2020).

Dia mencontohkan longgarnya sektor transportasi udara terhadap calon penumpang yang menggunakan layanan penerbangan. Ia meminta pemerintah terutama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Angkasa Pura bisa berkoordinasi dan mengawasi hal ini lebih ketat.

Menurutnya, kebijakan melalui Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 25 dan Surat Edaran 32 tahun 2020 dari Dirjen Perhubungan Udara terkait perjalanan keluar daerah pakai transportasi udara perlu dipantau. Meski disertai syarat tertulis bagi calon penumpang tetap belum optimal.

Pun, ia menyoroti realita di lapangan karena masih ada proses antrean yang tak menerapkan protokol physical distancing atau menjaga jarak fisik. Padahal, ini yang selalu disosialisasikan pemerintah untuk mencegah penularan virus Corona.

“Saya dapat kiriman foto kondisi mengerikan di Bandara. Orang berdekatan, tak ada aturan jaga jarak sesama penumpang. Ini bahaya, bisa menyebarluaskan jika ada yang terinfeksi Covid-19,” jelasnya.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>