Tak Dapat Bantuan Sosial Tunai, Puluhan Warga Rusak Kantor Desa di Serang


Ilustrasi, Foto; Istimewa

AKTUALITAS.ID – Kantor Desa Carenang Udik, Kecamatan Kopo, Kabupaten Serang, Banten, digeruduk oleh puluhan warga yang tak mendapatkan bantuan sosial tunai (BST) pada Jumat (15/5) pukul 10.00 WIB. Berdasarkan informasi yang diterima, warga merusak bahkan membakar benda yang ada di kantor desa itu.

Mereka menuding pembagian BST di tengah covid-19 tidak adil dan merata. Bahkan, dalam satu desa, hanya 53 Kepala Keluarga (KK) yang mendapatkan bantuan sejak di salurkan sejak 14 Mei 2020.

“Masyarakat menanyakan (ke aparatur desa) data penerima BST dari mana diambilnya. Karena banyak warga yang mampu dapat bantuan tersebut. Masyarakat juga meminta kepada pihak terkait dalam pembagian bantuan agar tepat sasaran yaitu masyarakat yang benar-benar membutuhkan,” kata Kapolres Serang, AKBP Mariyono, melalui pesan singkatnya, Jumat (15/05/2020).

Pihak kepolisian bersama TNI tengah berjaga dilokasi kejadian, guna menghindari terjadinya peristiwa terulang. Masyarakat diimbau tenang dan bisa menanyakan proses pendataan dan penyaluran BST Kemensos sebesar Rp 600 ribu melalui prosedur dan secara baik-baik.

“Personel sudah berjaga dilokasi untuk menenangkan warga dan menjaga kantor desa,” kata Kasareskrim Polres Serang, AKP Arif Nazamudin, melalui pesan singkatnya, Jumat (15/05/2020).

Kondisi di kantor Desa Carenang Udik, Kecamatan Kopo, Kabupaten Serang, Banten, dianggap sudah kondusif. Puluhan warga yang mayoritas emak-emak sudah kembali ke rumahnya masing-masing.

“Sudah jelas aman terkendali, masyarakat sudah kembali ke rumah dari siang dan melanjutkan kegiatan nya masing-masing, itu saja terimakasih,” kata Danramil Kopo, Katen Jajang, melalui pesan singkat terpisah.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>