Nasib Gibran-Bobby di Pilkada, PDIP Umumkan Pekan Depan


Ketua DPP Bappilu PDIP Bambang Wuryanto

AKTUALITAS.ID – DPP PDIP akan mengumumkan nasib anak dan menantu Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka serta Bobby Nasution, di Pilkada Solo (Jawa Tengah) dan Medan (Sumatera Utara) pekan depan.

“Saya pastikan dari 11 sampai dengan 18 Juli ini akan diumumkan,” kata Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PDIP Bambang Wuryanto kepada wartawan saat memberikan keterangan pers di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Kamis (9/7).

Pria yang karib disapa Pacul itu mengatakan paslon usungan parpol itu di Solo dan Medan akan dikuak bersamaan dengan kandidat wilayah lain yang belum diumumkan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri pada Februari 2020 silam.

Lebih jauh, Pacul menyampaikan PDIP membagi menjadi beberapa klaster dalam menentukan calon kepala daerah yang akan diusung di Pilkada 2020.

Dia menerangkan klaster pertama adalah wilayah di mana PDIP memperoleh suara di atas 20 persen pada Pemilu 2019 silam. Di sana, kata dia, memungkinkan bagi PDIP untuk mengusung calon sendiri.

Lalu, klaster kedua adalah untuk daerah yang perolehan suara Pemilu antara 10 hingga 20 persen. Pada klaster ini, menurut Pacul, PDIP harus menjalin koalisi dengan partai politik lain untuk mengusung paslo kepala daerah.

Sementara itu, lanjutnya, klaster ketiga adalah daerah yang perolehan suara pemilu PDIP di bawah 10 persen. Menurutnya, di klaster ini PDIP hanya menjadi partai politik pendukung saja.

Untuk diketahui, jalan Gibran dan Bobby hendak mencalonkan diri di Pilkada 2020 berliku. Meski telah mengantongi sejumlah dukungan untuk maju berpolitik pada 2020, anak sulung dan menantu Jokowi itu belum memperoleh dukungan resmi dari PDIP hingga saat ini.

Bobby–yang merupakan suami dari putri Jokowi, Kahiyang Ayu–tercatat telah mendapatkan sinyal dukungan yang kuat dari NasDem, Golkar, dan PAN.

Sementara Gibran sudah pasti mendapat dukungan dari Golkar. Meskipun demikian, Gibran masih terbelit konflik internal antara DPC Solo PDIP dengan DPP PDIP.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>