Hindari Tol Cikampek, Puncak Arus Balik Iduladha Diprediksi Minggu 2 Agustus


Ilustrasi

AKTUALITAS.ID – PT Jasa Marga (Persero) Tbk memprediksi puncak peningkatan volume lalu lintas kendaraan di menuju Jakarta akan terjadi pada Minggu 2 Agustus 2020. Kendaraan paling banyak berasal dari arah Timur lalu masuk ke Tol Jakarta-Cikampek baik bawah maupun layang.

“Hampir setengahnya, lalu lintas menuju Jakarta berasal dari arah Timur. Jika saat kembali ke Jakarta pengguna jalan terkonsentrasi hanya dalam satu hari, potensi terjadinya kepadatan Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Jakarta Cikampek II Elevated sangat tinggi,” kata Operation Management & Maintenance Group Head Jasa Marga Pratomo Bimawan Putra dalam keterangannya, Jumat (31/7/2020).

Sebab, jalan tol Jakarta-Cikampek merupakan akses utama untuk pengguna jalan dari arah Timur menuju wilayah Jabotabek. Berdasarkan catatan, pada saat arus mudik H-1 Lebaran Iduladha, jumlah pengguna jalan menuju ke timur mencapai 110 ribu, naik 106 persen dari lalin normal.

“Kami mengimbau agar pengguna jalan dapat mengatur waktu perjalanan kembali ke Jakarta, salah satunya dengan menghindari waktu puncak arus balik pada hari Minggu agar terhindar dari kepadatan,” ungkapnya.

Selain itu, Bima juga mengimbau pengusaha angkutan barang atau logistik agar dapat menunda kegiatan hingga periode empat hari libur panjang Hari Raya Iduladha 1441 H usai.

Soalnya, kata dia, pada H-1 Hari Raya Iduladha kemarin, banyak ditemukan kendaraan besar yang mengalami gangguan di lajur sehingga mengakibatkan kepadatan yang cukup panjang.
“Selain itu kami juga imbau agar pengguna jalan dapat memastikan kendaraan dalam keadaan prima sebelum melakukan perjalanan,” ujar Bima.

Titik-titik kepadatan yang perlu diantisipasi oleh pengguna jalan yang menuju arah Jakarta di Jalan Tol Jakarta-Cikampek di antaranya adalah pertemuan lajur Jalan Tol Jakarta-Cikampek lI Elevated dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek bawah di Km 48. Selain itu, di titik-titik jelang rest area.

“Kami terus berkoordinasi dengan pihak Kepolisian untuk dapat memberlakukan rekayasa lalu lintas seperti contraflow dan penempatan petugas di lokasi rawan kepadatan. Kami mohon kerjasama pengguna jalan sekali lagi, untuk tidak kembali ke Jakarta dalam waktu yang bersamaan di hari Minggu,” tutur Bima.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>