Bupati Muba Dodi Reza Resmikan SPBU BBM Satu Harga di Kecamatan Babat Toman


Bupati Muba Dodi Reza Resmikan SPBU BBM Satu Harga di Kecamatan Babat Toman

AKTUALITAS.ID – Kabupaten Musi Banyuasin tepatnya di Kecamatan Babat Toman, Selasa (27/10/2020) resmi memiliki Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU) BBM Satu Harga.

SPBU BBM Satu Harga ini menjadi yang kedua di kabupaten tersebut setelah dua tahun sebelumnya dibangun di Kecamatan Lalan.

Bupati Musi Banyuasin Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA, mengatakan warga sangat berterima kasih dengan kehadiran SPBU ini karena menjadi satu-satunya di antara Kota Sekayu hingga Musi Rawas yang berjarak 140 Kilometer.

“SPBU ini posisinya berada di tengah-tengah, jadi benar- benar membantu warga yang selama ini kesulitan mendapatkan BBM,”kata Dodi di sela Peresmian Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU) BBM Satu Harga di Kecamatan Babat Toman, Selasa (27/10/2020).

Lanjutnya, SPBU bernomor 24.316.179 ini menerapkan program BBM Satu Harga yang ditugaskan negara kepada PT Pertamina. Dengan begitu, warga sekitar dapat membeli BBM seharga yang sama dengan warga yang ada di perkotaan. Untuk Premium Rp6.450 per liter dan Solar Rp5.150 per liter.

“Kami berharap dengan hadirnya SPBU ini semakin menstimulus aktivitas ekonomi masyarakat, mulai dari penyerapan tenaga kerja hingga pengembangan UMKM,” kata Dodi.

Pimpinan PT Tosa Energi H M Toha Tohet diwakili H Tamrin menyampaikan apresiasi atas kerja keras dan upaya Bupati Dr H Dodi Reza Alex Noerdin beserta jajarannya atas kinerjanya dalam meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di berbagai sektor.

Thamrin juga mengatakan bahwa masyarakat Kabupaten Muba khusunya di Kecamatan Babat Toman akan terus mendukung program UMKM dan siap mengayomi masyarakat demi kemajuan bersama.

“Kami betul-betul bangga saat ini, dengan kemajuan dan berdirinya SPBU di Kelurahan Babat Toman, sehingga kami tidak perlu jauh-jauh untuk mengisi minyak ke Sekayu. Dengan berdirinya SPBU ini kami akan benar-benar menjaganya, karena mempunyai keberanian berdiri disini di bina oleh Pertamina dan ini merupakan aset kita yang perlu kita jaga,” ungkapnya, dalam siaran persnya yang diterima aktualitas.id, Kamis (29/10/2020).

Sementara itu Komite Pengawasan BPH Migas Achmad Rizal mengatakan, pihaknya selaku pengawas penyaluran BBM di masyarakat mengharapkan pemkab dapat menjembatani kemitraan antara Pertamina dengan pengusaha lokal untuk dapat berinvestasi menjadi lembaga penyalur BBM.

“Silakan Pemkab ajukan usulan lokasi mana yang mau dipilih untuk jadi SPBU Satu Harga, nanti kami akan mengevaluasi. Tinggal lagi, pemkab jembatani pihak yang mau jadi investornya (bangun SPBU),” kata Rizal.

Ia mengatakan, BPH Migas memberikan beragam pilihan kepada pengusaha, mulai dari bangun SPBU (bisnis), subpenyalur untuk BBM subsidi hingga penyalur mini (pertashop). “Ini menjadi salah satu peluang untuk investasi bagi pengusaha lokal, apalagi aturan mengizinkan jarak antar SPBU itu 10 Kilometer,” kata dia.

Kepada Pertamina, BPH berpesan agar SPBU ini segera menerapkan digitalisasi sehingga stok yang tersedia dapat terus terpantau.

Rusli, warga setempat menyambut baik hadirnya SPBU ini karena selama ini yang beredar di masyarakat merupakan minyak oplosan.

“Kendaraan ya mudah rusak, kalo ini dipastikan terjamin karena dari Pertamina langsung,” kata dia.

Sementara itu, Area Sales Manager PT Pertamina Wilayah Sumsel-Babel Sadli Ario Priyambodo mengatakan Pertamina memastikan keandalan penyaluran BBM di SPBU ini yang disuplai dari TBBM Kertapati, Palembang.

Selain itu Pertamina akan terus mengawasi SPBU BBM Satu Harga ini agar program menjadi tepat sasaran.

“Pengawasan secara rutin akan kami lakukan, seperti mewajibkan SPBU membatasi pembelian BBM jenis solar untuk jenis kendaraan tertentu, selain itu nopol juga harus dicatat,” kata dia.

Pertamina wilayah Sumbagsel menargetkan pendirian tujuh unit SPBU BBM Satu Harga pada 2020. Sejauh ini sudah terealisasi sebanyak enam unit yakni di Sumsel ada tiga unit di Kecamatan Babat Toman (Muba), Kecamatan Karang Jaya (Muratara), Kelurahan Beringin Makmur Kecamatan Rawas Ilir (Muratara).

Kemudian, di Lampung Barat didirikan di Kecamatan Pagar Dewa, Kecamatan Kebun Tebu dan Kecamatan Air Itam. Dan satu unit lagi sedang dibangun di Bengkulu.

Pada kesempatan ini, turut hadir Dandim 0401 Muba Letkol ARH Faris Kurniawan SST MT, Kapolres Muba AKBP Erlin Tangjaya SIK, para Anggota DPRD Muba Karan Karnedi SH, Kajari Muba diwakili Kasubagbin Kajari Muba Widodo Sudarsono SH, BJS Bupati Muratara diwakili Kabag perekonomian Kabupaten Muratara Nov Hendry, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Muba Ir Yusman Sriyanto, dan Kepala PD, Camat Babat Toman Emilya Afrianita SSTP MSi, Para Pimpinan Perbankan, Para Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>