Usai Jalani Karantina 3 Hari, Ratusan Jemaah Indonesia Bisa Laksanakan Umrah


Foto: Istimewa

AKTUALITAS.ID – Jemaah asal Indonesia mulai melaksanakan ibadah umrah hari ini. Mereka adalah jemaah yang berangkat pada Minggu (1/11) dan telah menjalani proses karantina selama 3 hari di Makkah.

“Jemaah asal Indonesia yang tiba 1 November hari ini akan melaksanakan ibadah umrah. Pelaksanaan umrah akan dimulai pukul 16.00 Waktu Arab Saudi (WAS),” kata Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Oman Fathurahman dalam keterangan tertulis, Rabu (4/11/2020).

Oman menjelaskan, proses karantina yang dilakukan jemaah itu berjalan selama tiga hari sebagaimana diatur oleh Pemerintah Arab Saudi.

“Ada 224 jemaah umrah asal Indonesia yang beribadah umrah hari ini. Selain itu, ada juga 38 jemaah asal Pakistan,” ucap dia.

Konsul Haji KJRI Jeddah Endang Jumali menambahkan jemaah Indonesia sore ini akan mengambil miqat umrah dari Tan’im. Mereka akan dibawa dengan 13 bus dengan kapasitas per bus maksimal 19 orang.

Ia menyatakan, meski berangkat dari sejumlah Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) di Indonesia, mereka yang akan melakukan umrah hari ini berada dalam satu payung Muassasah Retaj dan Ewagate.

“Dari Tan’im, jemaah akan diantar dengan bus menuju Masjidil Haram untuk beribadah umrah,” ucap dia.

Seperti diketahui, untuk melakukan umrah sejak Minggu (1/11).

Sejak saat itu, 224 anggota jemaah asal Indonesia lalu berangkat ke Arab Saudi. Sebelum mereka, tiba terlebih dahulu di Saudi, 38 jemaah umrah asal Pakistan.

Endang menyebut, saat mendarat di Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah, jemaah langsung mengantri untuk melakukan proses pengecekan keimigrasian dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Mereka juga diharuskan menunjukkan bukti tes PCR dengan hasil negatif. Setelah itu, mereka mengambil koper, menuju pemeriksaan X-ray, lalu ke bus,” ujar dia.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>