M Qodari Nilai FX Rudy Layak Jadi Mensos


Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo , (Foto: Ist)

AKTUALITAS.ID – Ketua DPP PDI Perjuangan Ahmad Basarah menyebut lima nama potensial dari PDIP sebagai calon Menteri Sosial. Mereka adalah Tri Rismaharini, Djarot Saiful Hidayat, Eriko Sotarduga, Sukur Nababan, dan Komarudin Watubun.

Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari menilai, ada satu nama lagi yang potensial. Yaitu Wali Kota Solo dan Ketua DPC PDIP Surakarta FX Hadi Rudyatmo.

“Di antara nama-nama di atas mungkin harus tambah satu yaitu FX Rudyatmo Wali Kota Solo,” ujar Qodari kepada wartawan, Sabtu (19/12/2020).

Menurut Qodari, politikus yang akrab disapa Rudy ini mirip dengab Risma. Sama-sama kader PDIP yang berhasil sebagai kepala daerah. Selain itu, dibandingkan Risma, Rudy memiliki hubungan personal dan lama dengan Presiden Joko Widodo.

“Dia posisinya mirip dengan Risma, kader lama, kepala daerah yang berhasil. Kelebihan lain dari Pak Rudy dibandingkan dengan Bu Risma adalah punya hubungan personal dan lama dengan Pak Joko,” kata dia.

Di antara nama yang disebutkan Basarah, Qodari menilai ada dua kader yang potensial jika agama dan perwakilan suku dikalkulasikan. Namun, semua kembali kepada keputusan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

“Dan kita tahu bahwa perwakilan suku dan agama itu juga dikalkulasi. Dan dalam konteks suku dan agama itu ya bisa jadi Sukur dan Eriko berpeluang,” ucapnya.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>