Usai Pemadaman, Listrik di Pakistan Berangsur Pulih


Sebagian besar wilayah Pakistan, termasuk ibu kota Islamabad dilanda pemadaman listrik pada Sabtu (9/1). Tapi para pejabat mengatakan pasokan listrik di ibu kota telah dipulihkan pada Minggu (10/1) pagi.

Kementerian Air dan Tenaga Listrik menuturkan kerusakan disebabkan oleh “kesalahan teknis” dalam sistem distribusi tenaga listrik nasional yang kemudian merusak jalur pasokan utama.

Pemadaman tersebut melanda Islamabad serta ibu kota komersial lainnya termasuk Karachi, Lahore, Rawalpindi, Multan, Faisalabad, Hyderabad, dan sebagian wilayah Kashmir yang dikuasai Pakistan.

Dilansir Anadolu, seorang juru bicara Kementerian Air dan Tenaga mengatakan frekuensi pasokan “tiba-tiba” turun drastis ke nol, menyebabkan gangguan besar-besaran di seluruh negeri.

Dia menuturkan kementerian telah membentuk komite beranggotakan enam orang untuk menyelidiki pemadaman listrik dan memperbaiki masalah tersebut.

Laporan awal menunjukkan pembangkit listrik utama mengalami kerusakan pada Sabtu, pukul 23.41 malam waktu setempat, sehingga menurunkan frekuensi ke nol dan menyebabkan saluran transmisi tinggi tersandung.

Tapi alasan penurunan tersebut masih belum jelas.

Pemadaman listrik mengharuskan gedung dan institusi penting pemerintah, termasuk gedung kepresidenan, gedung perdana menteri, parlemen, bandara Mahkamah Agung, dan lainnya beroperasi menggunakan generator cadangan.

Menteri Air dan Tenaga Pakistan Omer Ayub Khan mendesak penduduk untuk tetap “bersabar” dan mengatakan pihaknya sedang berupaya untuk memulihkan listrik di daerah yang masih padam secepat mungkin.

“Saya secara pribadi mengawasi proses restorasi,” cuitnya di Twitter.

Pemadaman listrik pada akhir pekan bukanlah kejadian pertama di Pakistan. Pada Januari 2019, provinsi di barat daya dan selatan Pakistan juga pernah dilanda pemadaman listrik selama berjam-jam.

Dilansir AFP, media sosial Twitter dan Facebook serta aplikasi perpesanan WhatsApp pun dibanjiri dengan lelucon dan meme yang sebagian besar mengejek kinerja pemerintah Perdana Menteri Imran Khan.

“Sungguh sebuah awal di tahun baru mari kita mencari rahmat Allah Yang Maha Kuasa,” tulis seseorang di Twitter.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>