Karena Covid-19, Formula 1 GP China 2021 Batal


Pebalap Mercedes Lewis Hamilton dalam Grand Prix Formula 1 Emilia Romagna di lintasan balap Autodromo Internazionale Enzo e Dino Ferrari di Imola, Italia, pada 1 November 2020.(AFP/MIGUEL MEDINA)

Balapan Formula 1 (F1) Grand Prix China 2021 batal dari jadwal semula karena pandemi virus corona atau Covid-19.

GP China pada tahun ini rencananya digelar di Sirkuit Internasional Shanghai pada 11 April, yang merupakan seri ketiga di musim 2021.
Lihat juga: Permintaan Messi yang Wajib Dipenuhi PSG

Dikutip dari ESPN, pembatalan tersebut karena pembatasan perjalanan yang diberlakukan oleh pemerintah setempat akibat wabah Covid-19 yang sedang berlangsung.

Sejauh ini China tidak terdaftar dalam kalender F1 2021. Akan tetapi, sumber di F1 mengatakan, China akan dimasukkan ke dalam kalender jika keadaan memungkinkan dan balapan lain dibatalkan. Satu yang pasti, kalender musim ini tidak akan melebihi 23 balapan.

Selain pembatalan F1 GP China, sejumlah jadwal lain pada kalender F1 2021 ikut mengalami perubahan.

GP Australia tidak lagi menjadi balapan pembuka musim ini, dan akan digantikan GP Bahrain pada 26-28 Maret. Pelaksanaan GP Australia mundur ke 19-21 November.

“Merupakan berita bagus bahwa kami telah dapat menyetujui tanggal yang dijadwalkan ulang untuk GP Australia pada November dan terus bekerja dengan rekan-rekan di China untuk menemukan solusi balapan di sana pada 2021 jika ada perubahan,” kata Kepala Eksekutif Formula 1 Stefano Domenicali dalam sebuah pernyataan dikutip dari Super Sport.

Sementara itu, GP Italia di Sirkuit Imola masuk menjadi pengganti kekosongan yang ditinggalkan GP China.

GP Italia langsung didaftarkan sebagai seri kedua yang digelar pada 18 April. Sedangkan seri ketiga pada 2 Mei masih kosong, namun diperkirakan akan diisi GP portugal di Sirkuit Algarve.

“Kami sangat senang memastikan jumlah balapan yang direncanakan pada musim ini tetap tidak berubah,” ucap Domenicali.

“Pandemi global belum memungkinkan kehidupan kembali normal, tetapi kami menunjukkan pada tahun 2020 kami bisa balapan dengan aman sebagai olahraga internasional pertama yang kembali, dan kami memiliki pengalaman dan rencana untuk mewujudkan musim kami,” kata Domenicali menambahkan.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>