HIPPI Jakarta Desak Jokowi Segera Lantik Wakil Menteri Koperasi dan UKM


UMKM, kerajinan, produk, lokal
Seorang perajin membuat lukisan diatas tatakan dan rekal tatakan untuk Al-Quran di galeri Cemolex, Curug, Bojongsari, Depok, Jumat (25/9/2020). Kerajinan UMKM tersebut tetap bertahan meskipun mengalami penurun mencapai 50 persen dari dampak Covid-19. Harga kerajinan tersebut dibandrol 50 ribu rupiah. AKTUALITAS.ID/Kiki Budi Hartawan

AKTUALITAS.ID – Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) DKI Jakarta meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) segera melantik Wakil Menteri Koperasi dan UKM. Tujuannya, agar kementerian fokus menangani nasib UMKM yang terpuruk akibat pandemi covid 19.

Ketua Umum DPD HIPPI Prov.DKI Jakarta, Sarman Simanjorang mengatakan, pihaknya sudah menyuarakan aspirasi ini sekitar bulan juli 2020 dan Perpresnya keluar atau ditandatangani tanggal 23 September 2020, artinya sudah hampir 6 bulan Pepres ini tapi Presiden belum menunjuk Wakil Menterinya.

Dia juga mengatakan dengan adanya Wakil Menteri Koperasi dan UMKM akan dapat membantu Menteri untuk menyusun single data UMKM, blueprint pembinaan, pemberdayaan dan pengembangan UMKM.

“Single Data UMKM, ini sangat penting sebagai data tunggal yang dapat dijadikan pedoman oleh berbagai Kementerian dalam membuat berbagai kebijakan,” kata Sarman kepada Liputan6.com, Minggu (14/2)

Menurutnya, data ini harus by name by address lengkap dengan jenis usahanya, sehingga data ini valid dapat dipertanggungjawabkan. Bila perlu dilakukan Sensus UMKM agar semua pelaku usaha UMKM terjaring di seluruh pelosok tanah air.

“Sensus Ekonomi 2016 yang dilaksanakan BPS mendata jumlah UMKM di Indonesia sebanyak 26,26 juta, sedangkan Kementerian Koperasi dan UMKM selama ini mengklaim jumlah UMKM sebanyak 64 juta, mana yang benar,” katanya.

Oleh karena itu, Sarman mengatakan saatnya membenahi data yang pasti agar mempermudah penyusunan kebijakan yang pro kepada UMKM. Selain itu, dengan adanya Wamen Koperasi dan UKM bisa Menyusun blueprint pembinaan, pemberdayaan dan pengembangan UMKM.

“Bluprint ini sangat strategis untuk mempercepat bangkitnya pelaku UMKM selama pandemi dan pasca pandemi covid-19,” ujarnya.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>