Perangi Kelompok Geng, Polisi dan Jaksa Meksiko Tewas Ditembak Kawanan Pembunuh


ilustrasi, (Foto: Istimewa)

Sebanyak delapan polisi dan lima jaksa penyidik di Meksiko tewas ditembak setelah disergap oleh kawanan pembunuh yang diduga diutus oleh geng setempat.

Dilansir Associated Press, Jumat (19/3), peristiwa berdarah itu terjadi pada Kamis (18/3) malam waktu setempat di wilayah pedesaan Coatepec Harinas, Negara Bagian Mexico, tepatnya sebelah barat daya ibu kota Mexico City.

Menurut Kepala Badan Keamanan Nasional, Rodrigo Martínez Celis, rombongan penegak hukum yang diserang itu sedang melakukan patroli untuk memerangi kelompok geng di kawasan itu.

“Serangan ini merupakan serangan terhadap pemerintah. Kami akan membalas dengan segenap kekuatan,” kata Martínez Celis.

Sampai saat ini belum diketahui siapa dalang penembakan itu. Martínez mengatakan saat ini mereka membentuk tim gabungan dari Angkatan Darat, Marinir, Angkatan Udara dan korps Garda Nasional untuk memburu para pelaku.

Lokasi serangan itu terjadi di dekat kota Taxco yang menjadi pusat kegiatan geng Guerreros Unidos, Arcelia, serta kartel Jalisco dan Familia Michoacan.

Pada Oktober 2019 kawanan pembunuh yang diutus kartel narkoba menyergap rombongan penegak hukum dan menembak mati 14 opsir polisi di negara bagian Michoacan.

Hal ini menjadi persoalan yang harus diselesaikan oleh Presiden Andres Manuel Lopez Obrador yang ingin menumpas kelompok kejahatan. Namun, dia menolak metode konfrontasi untuk menghindari kekerasan.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>