BMKG Prediksi Jakarta-Jabar Berpotensi Hujan dan Angin Kencang Sabtu Sore


Ilustrasi. Hujan

AKTUALITAS.ID – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini cuaca terhadap 22 Provinsi di Indonesia yang berpotensi diguyur hujan lebat disertai kilat dan angin kencang pada Sabtu, (22/5/2021). Termasuk di antaranya DKI Jakarta dan Jawa Barat.

Khusus di wilayah DKI Jakarta, potensi hujan disertai kilat dan angin kencang dengan durasi singkat diprakirakan terjadi di Jakarta Selatan, Jakarta Barat, dan Jakarta Timur pada sore dan malam hari.

“Waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat di wilayah Jakarta Selatan, Jakarta Barat dan Jakarta Timur pada sore dan malam hari,” tulis BMKG dalam laman resminya, dikutip dari Antara.

Sementara itu, cuaca di enam wilayah DKI Jakarta pada pagi hari diprakirakan cerah berawan dengan suhu udara berkisar 24-34 derajat Celcius.

Kemudian pada siang hari, BMKG juga memprakirakan cuaca cerah berawan untuk wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu. Sedangkan cuaca di Jakarta Timur dan Jakarta Selatan diprakirakan hujan ringan.

Sedangkan di Jawa Barat, potensi hujan disertai kilat dan angin kencang bakal terjadi pada siang atau sore hingga malam hari di Kabupaten dan Kota Bogor, Depok, Kabupaten dan Kota Bekasi, Karawang, Purwakarta, Indramayu, dan Subang.

Sebelumnya, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengatakan lembaganya hingga kini masih menghadapi tantangan terkait upaya penyebaran informasi peringatan dini agar masyarakat lebih waspada.

Dwikorita mengatakan peringatan dini yang dikeluarkan pihaknya tidak selalu menarik maupun mendapat perhatian masyarakat, contohnya saat mengeluarkan peringatan dini dampak Siklon Tropis Seroja.

“Ada pakar sosial media yang menganalisis saat peringatan dini dikeluarkan, menjadi tren yang naik. Tapi kemudian kalah dengan trending yang lain jadi peringatan dini dianggap tidak menarik,” kata Dwikorita.

Sementara itu, wilayah lain yang juga disebut berpotensi diguyur hujan yang disertai kilat dan angin kencang yakni Banten, Bengkulu, Gorontalo dan Jambi. Kemudian Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Lampung, Maluku, Nusa Tenggara Barat, Papua, Papua Barat, Riau.

Termasuk juga di Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, dan Sumatera Selatan.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>