Untuk Umum, Sumut Terima 5.000 Vial Vaksin Moderna


Vaksin Moderna (Shutterstock.com)

AKTUALITAS.ID – Sebanyak 5.000 dosis vaksin Moderna dari Pemerintah Pusat disalurkan ke Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, baru-baru ini. Vaksin ini diperuntukkan untuk masyarakat umum. Sehingga pasokan vaksin di Sumut terus bertambah.

“Kalau enggak salah sekitar 5.000 vial yang masuk,” ucap Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumut, dr Aris Yudhariansyah kepada wartawan, Sabtu (21/8/2021).

Aris menegaskan, vaksin Moderna yang diterima Pemerintah Provinsi Sumut ini untuk masyarakat dosis pertama dan kedua. Sedangkan, vaksin Moderna pada pendistribusian pertama diperuntukkan untuk tenaga kesehatan (Nakes) di Sumut untuk dosis ketiga atau booster.

“Awal-awal dulu kita Moderna untuk dosis ketiga nakes lalu pada pengiriman kedua sudah mulai didistribusikan untuk masyarakat umum,” tutur Aris.

Aris mengungkapkan, vaksin Moderna yang diperuntukkan masyarakat umum bukan sebagai booster atau dosis ketiga sebagaimana yang diperuntukkan kepada nakes. Sehingga, nantinya vaksin Moderna itu untuk memenuhi dosis pertama dan kedua.

“Dengan catatan ini bukan untuk booster masyarakat umum ini hanya Moderna digunakan untuk dosis satu dan dosis kedua ke depannya yang booster dosis ketiga itu hanya untuk nakes,” sebut Aris.

Selain itu, Aris pun menyebutkan, untuk penyuntikan vaksin Moderna sebagai booster kepada nakes telah mencapai 3000 orang.

“Saya lihat untuk dosis tiga ini baru 3000 ribuan aja dari target semuanya,” kata Aris yang juga menjabat sebagai juru bicara Satgas COVID-19 Sumut.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>