Formappi Curiga Kengototan Ketua MPR Dalam Wacana Amandemen UUD 1945 Terbatas


Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo saat menjadi Keynote speakers dan membuka acara diskusi publik “Akselerasi Parpol untuk Indonesia Maju” di Jakarta, Kamis (31/10). Diskusi publik yang diselengarakan oleh Permata Golkar dan dihadiri Anggota DPP RI, Anggota DPRD/DPD, Perwakilan Lintas Partai, Kaukus Perempuan dan Mahasiswa. AKTUALITAS.ID/Munzir

AKTUALITAS.ID – Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi), Lucius Karus curiga dengan kengototan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo alias Bamsoet dalam wacana amandemen terbatas UUD 1945. Dia mempertanyakan, agenda amandemen tersebut apakah kepentingan pribadinya atau kepentingan lain.

“Muncul kemudian pertanyaan sebenarnya perjuangan Bamsoet Ketua MPR ini untuk kepentingan siapa atau atas nama siapa. Apakah atas nama pribadinya ataukah atas nama dirinya sebagai Ketua MPR atau atas nama Golkar,” ujar Lucius dalam diskusi daring, Minggu (22/8).

Sebab, ia melihat kegigihan Bamsoet tidak selaras dengan sikap partainya sendiri yaitu Golkar. Partai beringin itu disebut menolak amandemen.

“Tapi juga menjadi aneh ketika kemudian perjuangan dari Ketua MPR ini belakangan justru tidak selaras dengan sikap dari partai Golkar yakni partai asal dari ketua MPR,” tegasnya.

Lucius mencatat hanya tiga fraksi yang jelas mendukung amandemen yaitu PPP, PKB dan PDIP. Namun, ia memberikan catatan bahwa fraksi-fraksi di MPR sikapnya selalu berubah. Sulit untuk memegang sikap fraksi hari ini. Apalagi, saat bertemu dengan Presiden Joko Widodo membahas amandemen tersebut, para pimpinan MPR yang mewakili masing-masing fraksi juga hadir.

“Fraksi-fraksi yang sudah menyatakan sikapnya menolak rencana amandemen ini itupun sulit untuk kita pegang saat ini. Fakta bahwa sejak awal rencana amandemen ini sikap fraksi-fraksi berubah saya kira membuat kita sulit percaya dengan mudah sikap yang ditunjukan fraksi-fraksi ini apalagi ini kemudian disampaikan ke publik,” tutupnya.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>