Kim Jong Un Angkat Adik Perempuannya Duduki Jabatan Penting di Lembaga Tinggi Pemerintah


Kim Jong Un (kiri) dan adik perempuannya, Kim Yo Jong, saat menghadiri pertemuan dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in pada 27 April 2018. (Sumber: Pyongyang Press Corps Pool via AP)

Kim Yo Jong, adik perempuan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un ditunjuk menduduki jabatan penting di lembaga tinggi pemerintah, menurut laporan kantor berita pemerintah Korea Utara, KCNA pada Kamis (30/9).

Kim Yo Jong, yang merupakan penasihat utama kakaknya, diangkat menduduki jabatan di Komisi Urusan Luar Negeri, di tengah serangkaian perombakan pejabat yang disetujui Majelis Rakyat Tertinggi.

Tidak kurang dari sembilan anggota komisi diberhentikan, termasuk salah satu wakil presidennya, Pak Pong Ju, dan diplomat Choe Son Hui, seperti dilansir laman The Star, Kamis (30/9).

Kim Yo Jong senior memainkan peran kunci dalam negosiasi dengan Amerika Serikat.

Surat kabar resmi Rodong Sinmun memuat potret delapan orang yang baru diangkat pada Kamis, Kim Yo Jong paling menarik perhatian di antara mereka karena selain masih muda juga menjadi satu-satunya pejabat perempuan.

Kim Yo Jong kerap terlihat bersama kakaknya, Kim Jong Un termasuk dalam pertemuan puncak Kim Jong Un dengan dengan presiden AS saat itu, Donald Trump dan Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in. Kim Jong Un dan Kim Yo Jong sama-sama bersekolah di Swiss.

Peran politiknya telah lama menjadi bahan spekulasi — seperti juga kemungkinan Kim Yo Jong suatu hari nanti akan menggantikan kakaknya, sebuah transisi yang akan memberikan Korea Utara pemimpin perempuan pertamanya.

Kim Yo Jong juga beberapa kali melontarkan kecaman pedas terhadap Washington atau Seoul, terutama sebelum Korea Utara meledakkan kantor penghubung di sisi perbatasannya yang telah dibangun dan didanai Korea Selatan.

Jabatan resminya naik dan turun dari waktu ke waktu, tetapi posisinya di Komite Urusan Luar Negeri sejauh ini merupakan jabatan paling tinggi yang pernah diembannya.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>