Bulan, Empat Seksi Tol Cisumdawu Ditargetkan Beroperasi


Ilustrasi pembangunan Tol

AKTUALITAS.ID – Konsorsium Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) menargetkan operasional empat seksi tol tersebut beroperasi pada Desember 2021.

Direktur Utama PT Jasa Sarana Hanif Mantiq mengungkapkan keempat seksi tersebut yaitu seksi satu, dua, tiga, dan enam. Selain itu, kesiapan operasi juga dititikberatkan pada akses tol ke Bandara Kertajati.

Sebagai catatan, Jasa Sarana merupakan bagian dari konsorsium PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) yang menggarap konsesi pada seksi tiga hingga enam Tol Cisumdawu.

“Kami berharap akhir Desember ini sudah full beroperasi ya, itu harapannya mudah-mudahan,” kata Hanif dalam keterangan resmi dikutip Jumat (26/11/2021).

Ia merinci tiga seksi sudah memenuhi kesiapan di atas 90 persen yaitu seksi pertama Cileunyi-Rancakalong, seksi dua Tanjungsari-Sumedang dan sebagian seksi tiga Sumedang-Cimalaka.

Seksi tiga Tol Cisumdawu rencananya akan dipakai sebagai lintasan ajang ITB Ultra Cycling 2021 yang akan mengambil rute Bandung-Cirebon.

Ketiga seksi tersebut ditambah Seksi VI Ujungjaya-Dawuan yang dibangun untuk menopang akses ke Bandara Kertajati dan terhubung dengan Tol Cikopo-Palimanan.

“Sudah siap dibuka, termasuk akses tol Kertajati yang ditopang oleh seksi empat sudah selesai,”ujarnya.

Menurutnya kepastian pengoperasian sebagian seksi Cisumdawu tersebut menunggu arahan dari Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT).

Pada saat yang sama, CKTJ terus mengebut pembebasan lahan dan pembangunan fisik di Seksi IV Cimalaka-Legok, Seksi V Legok-Ujungjaya. Kedua seksi tersebut dikerjakan oleh PT Wijaya Karya Tbk dan PT Adhi Karya Tbk.

“Porsi lahan di dua seksi ini sudah di atas 50 persen, mudah-mudahan bisa dikebut. Target kami April 2022 ini bisa dibuka,” jelasnya.

Sebagai informasi, CKJT mengerjakan proyek seksi tiga sepanjang 4,05km, seksi empat sepanjang 8,20km, seksi 5 sepanjang 14,9 km dan seksi 6 dengan panjang 6,07 km.

(Antara)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>