Saat Libur Nataru, Polda Bali Belum Pastikan Ganjil-Genap Berlaku


Ilustrasi istimewa

AKTUALITAS.ID – Penerapan sistem ganjil-genap saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) di tempat-tempat wisata di Pulau Bali, belum dipastikan akan diberlakukan.

Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Bali, AKBP Bima Aria Viyasa menyampaikan, bila melihat Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri (Kemendagri) dari PPKM Level 3 sudah jelas yaitu dikembalikan ke wilayah masing-masing.

“(Kalau di Bali) sepertinya tidak ada (ganjil-genap). Kita mau ke kegiatan sosial, vaksinasi, bagi sembako,” kata Aria saat dihubungi, Senin (13/12/2021)

Selain itu, dari keputusan terakhir saat melakukan koordinasi dengan beberapa instansi, baik Dinas Perhubungan dan lainnya, diputuskan tidak diperkenankan untuk melakukan penyekatan.

“Namun, kita masih menunggu setelah hasil dari keputusan Level 3 nanti di nataru. Surat edaran dari gubernur belum ada menyatakan untuk melaksanakan ganjil-genap. Apabila, itu ada, nanti melaksanakannya. Tapi untuk saat ini belum ada instruksi untuk membuat kegiatan itu,” imbuhnya.

Saat ditanya apakah sistem ganjil-genap efektif selama ini, Ia mengatakan, polisi hanya melaksanakan kegiatan tersebut.

“Kita hanya pelaksana kegiatan, efektif tidaknya mungkin nanti ada analisa, evaluasi kaitannya dengan hari, tanggal kegiatan, bagaimana lonjakan Covid-19 sendiri pada saat libur itu. Kita, dari direktorat lalulintas hanya bisa melaksanakan kegiatan bersama-sama Dishub dan aparat lainnya. Efektif atau tidaknya terlepas dari tugas pokok kita,” ujarnya.

Ia menegaskan, untuk penyekatan saat nataru belum ada perintah seperti yang dilakukan saat PPKM Darurat. Namun, nanti pada saat operasi lilin yang dilakukan polri tentu akan melakukan kegiatan sosial dan meminta masyarakat disiplin protokol kesehatan di wilayah Bali.

“Belum ada perintah untuk itu. Sampai saat ini, kaitannya dengan penyekatan atau pemberlakuan seperti halnya PPKM Darurat, ada jam malam dan sebagainya, itu sampai saat ini, belum ada,” ujar Aria.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>