Tahun Depan, Pfizer Ramal Corona Dapat Terus Merajalela


Ilustrasi, Foto: Istimewa

Pfizer Inc mengatakan pandemi covid-19 dapat meluas hingga tahun depan. Tak hanya itu, eksekutif Pfizer mengatakan perusahaan juga percaya bahwa pada 2024 mendatang, covid akan menjadi endemik di seluruh dunia.

Untuk mengantisipasi potensi itu, mereka berencana untuk mengembangkan rejimen vaksin covid tiga dosis untuk anak-anak usia 2 hingga 16 tahun.

Chief Scientific Officer Pfizer Mikael Dolsten mengatakan pihaknya percaya hasil tiga dosis untuk orang yang berusia lebih dari 16 tahun menawarkan perlindungan yang lebih besar.

“Oleh karena itu, kami telah memutuskan untuk memodifikasi setiap studi pediatrik untuk memasukkan dosis ketiga ke seri dan mencari lisensi untuk seri tiga dosis daripada seri dua dosis seperti yang diantisipasi semula,” kata perusahaan itu seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (18/12).

Pernyataan perusahaan farmasi AS itu keluar ketika sejumlah negara-negara Eropa bersiap untuk menerapkan pembatasan sosial lebih lanjut guna meredam penyebaran virus corona.

Pernyataan juga keluar saat sebuah penelitian memperingatkan bahwa varian virus corona omicron yang menyebar dengan cepat lima kali lebih berpotensi menginfeksi lebih banyak orang daripada pendahulunya, Delta.

Sebelum varian Omicron muncul, dokter penyakit AS Anthony Fauci memperkirakan pandemi akan berakhir pada 2022 di Amerika Serikat. Namun, kemunculan omicron membuat perkiraan itu kemungkinan besar meleset.

Pasalnya, kemunculan varian omicron berpotensi membuat risiko infeksi ulang menjadi 5,4 kali lebih tinggi.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>