Mulai 1 Januari 2022, Bandara Halim Perdanakusuma Ditutup untuk di Revitalisasi


Bandara Halim Perdanakusuma, Foto: Istimewa

AKTUALITAS.ID – Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo mengatakan, operasional Bandara Halim Perdanakusuma akan ditutup tanggal 1 Januari 2022 mendatang, baik kawasan pangkalan militer TNI AU hingga landasan komersil.

“Bahwa Bandara Halim akan ditutup mulai tanggal 1 Januari,” katanya di Lanud Halim Perdanakusuma, Rabu (22/12/2021).

Menurutnya, penutupan tersebut dalam rangka revitalisasi dan perbaikan tempat di sejumlah lini. Hal itu pun menjadi instruksi langsung dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

“Pak Presiden merasakan betul runwaynya sudah kasar,” jelasnya.

Fadjar mengungkapkan, perbaikan utama memang menyasar ke landasan lantaran memang kondisinya terbilang sudah tua dan tanah di sekitar wilayah Halim Perdanakusuma mengalami penurunan.

“Saya kurang paham mengenai tanah, tapi yang jelas juga terjadi penurunan, mungkin ada semacam air tanah dan lain sebagainya. Tapi akibatnya runway itu sudah mendekati ambang batas aman. Sebetulnya sudah terjadi, kita ketahuinya kita tutup hampir 2 tahun yang lalu setiap musim Haji 2019 kalau tidak salah,” terangnya.

Atas dasar itu, revitalisasi secara total dan menyeluruh terhadap Bandara Halim Perdanakusuma diharapkan dapat menunjang operasional hingga 20 tahun ke depan. Hanya saja, Fadjar belum memastikan berapa lama proses perbaikan itu selesai.

“Yang diperbaikannya leading sektornya adalah dari Kementerian Perhubungan,” tutupnya.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>