Jaminan Keanggotaan Golf Rp 3,1 Miliar, Komisi IX akan Panggil BPJS Ketenagakerjaan


Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi PKS Kurniasih Mufidah. AKTUALITAS.ID / Kiki Budi Hartawan.

AKTUALITAS.ID – Anggota DPR Komisi IX dari Fraksi PKS Kurniasih Mufidayati mengatakan, dalam waktu dekat komisinya akan meminta laporan-laporan keuangan BPJS Ketenagakerjaan. Hal ini terkait dengan unggahan dokumen yang ramai di media sosial tentang jaminan keanggotaan Golf untuk pejabat BPJS Ketenagakerjaan yang mencapai Rp 3,1 miliar.

“Nanti kita (Komisi IX) akan ada rapat panja dengan BPJS. Nah kita mau minta laporan keuangannya, dikemanakan saja uang para pekerja ini,” ungkapnya kepada Aktualitas.id, Kamis (3/3/2022).

Dirinya menjelaskan, dana dana yang dikelola oleh BPJS Ketenagakerjaan tersebut bukanlah dari dana APBN,  melainkan dana para pekerja yang ikut serta yang disisihkan setiap bulannya dari pendapatan pekerja tersebut.  

“Ini kan murni dana para pekerja yang disetorkan setiap bulannya ke BPJS Ketenagakerjaan, jadi kita mau BPJS Ketenagakerjaan itu transparan dalam pengelolaan dananya,” ujarnya.

Politisi PKS ini menyebutkan, BPJS Ketenagakerjaan wajib melakukan transparansi terkait pengelolaan dana yang disetorkan oleh para pekerja tersebut.

“Semoga saat rapat nanti,  laporan-laporan telah  disiapkan mereka terkait keuangannya. Tata kelola investasi ini kemana saja, alirannya dan juga profitnya, serta potensial lostnya bagaimana,” ungkapnya.

Dirinya juga akan memperjuangkan hak-hak para peserta BPJS Tenagakerjaan agar makin jelas dana para peserta digunakan untuk apa saja.

“Kita akan perjuangkan agar terciptanya transparansi BPJS Ketenagakerjaan kepada para pesertanya,”

Sebelumnya,sebuah dokumen yang diduga merupakan laporan keuangan konsolidasian milik BPJS Ketenagakerjaan tahun 2019 tersebar di media sosial.

Tak tanggung-tanggung dokumen yang diupload di media sosial oleh @RakyatPekerja tersebut, dilaporkan bahwa BPJS Ketenagakerjaan menganggarkan hingga Rp3 miliar untuk para pejabat bermain golf.

Dokumen Aggressive Growth for Sustainable Protection – Integrated Annual Report 2019 itu menyantumkan jaminan keanggotaan Golf sebagai salah satu aset tidak lancar perusahaan.

Pada bagian akhir halaman 67 tertulis ‘Jaminan Keanggotaan Golf’ beserta tabel rincian keanggotaan di berbagai lokasi.

“Jaminan Keanggotaan Golf merupakan membership BPJS Ketenagakerjaan atas fasilitas golf per 31 Desember 2019 dan 2018 masing-masing sebesar Rp3.107.810.580,” kata laporan tersebut.

Dana senilai Rp3,1 miliar tersebut digunakan untuk keanggotaan golf di 7 lokasi yang berbeda.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>