Kaisar Jepang Naruhito Kagumi Koleksi Museum Nasional


AKTUALITAS.ID – Museum Nasional (Musnas) menjadi salah satu lokasi yang dikunjungi Kaisar Jepang Naruhito dan Permaisuri Masako dalam kunjungannya ke Indonesia selama tujuh hari pada 17—23 Juni 2023. Kunjungan ke Indonesia merupakan kunjungan kenegaraan pertama Kaisar Naruhito dalam rangka mempererat hubungan persahabatan antara Jepang dan Indonesia dan memenuhi undangan Presiden Joko Widodo saat berkunjung ke Tokyo tahun lalu.

Pada kunjungannya ke Museum Nasional, Selasa (20/6), Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako disambut langsung oleh Direktur Jenderal Kebudayaan (Dirjenbud), Hilmar Farid. Selanjutnya, Dirjenbud memandu langsung kunjungan Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako untuk melihat Peta Suku Bangsa kemudian menjelaskan tentang keragaman budaya di Indonesia yang terdapat di Pameran Tetap Gedung A.

Dirjen Hilmar mengatakan, secara umum Kaisar Jepang memiliki ketertarikan dengan cerita keragaman budaya Indonesia yang ia sampaikan. Lebih jauh, menurutnya, terdapat pengetahuan yang mendalam soal Prasasti Tugu yang menjelaskan secara rinci informasi kejadian pada 500 tahun lalu. “Kaisar senang dengan koleksi di Museum Nasional dan takjub dengan itu,” ucapnya sesaat setelah mendampingi kunjungan Kaisar Jepang di Museum Nasional pada Selasa (20/6/2023).

Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako melanjutkan kunjungannya ke Ruang Khazanah Emas lantai 4 yang menyajikan koleksi-koleksi unggulan Museum Nasional. Koleksi tersebut antara lain koleksi emas Wonoboyo, Arca Prajnaparamita, Mangkuk Ramayana, Mahkota Banten, Keris Bali, dan Keris Jawa. Penjelasan koleksi disampaikan langsung oleh kurator Museum Nasional.

Setelah itu, rombongan melanjutkan melihat-lihat koleksi di lantai 3. Kaisar mengapresiasi Prasasti Tugu yang bercerita tentang sistem pengairan pada abad ke-5. Kaisar juga melihat Prasasti Mulak I, Prasasti Harinjing, dan Prasasti Palepangan. Keempat koleksi tersebut merupakan jejak sejarah keterkaitan harmoni antara manusia di Nusantara dengan alam. Koleksi-koleksi tersebut dipilih karena minat Kaisar Naruhito terhadap keberlanjutan lingkungan khususnya pada tata kelola air.

“Beliau (Kaisar Jepang) memiliki keahlian khusus dalam bidang pengelolaan air. Ada pernyataan khusus untuk bisa melihat Prasasti Tugu karena pernah dalam satu kesempatan beliau menyampaikan bagaimana pengelolaan air di masa lalu itu sudah banyak dilakukan di Asia termasuk Indonesia. Jadi, dalam kunjungan ini, ia ingin melihat koleksi aslinya dan tentu ingin belajar lebih banyak tentang pengelolaan air yang ada di Indonesia,” ujar Hilmar Farid dalam kesempatan wawancara.

“Selain itu, kita ingin memperlihatkan prasasti lain karena tradisi pengelolaan air di Nusantara (sejarah) panjang sekali mulai dari Abad ke-8 bahkan jauh dari sebelumnya, seperti pembangunan kanal yang diabadikan dalam berbagai prasasti,” ucapnya menambahkan.

Sebelum kunjungan resmi ke Museum Nasional, Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako disambut hangat oleh Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana di Istana Bogor pada Senin (19/6). Dalam jadwal kunjungannya Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako juga akan mengunjungi Candi Borobudur Kamis (22/6) mendatang.

Sekilas tentang Sejarah Prasasti Tugu

Ditemukannya prasasti ini menjadi indikasi bahwa pada masa itu masyarakat memahami pentingnya pengelolaan sumber daya air, pembangunan infrastrukur dengan memahami karakter alam lingkungan tempat tinggal. Salah satu dari prasati tersebut adalah Prasasti Tugu. Prasasti ini ditemukan di Kampung Batutumbuh, Desa Tugu. Kini lokasi penemuan masuk ke dalam wilayah Kelurahan Tugu Selatan, Kecamatan Koja, Jakarta Utara.

Prasasti Tugu ditulis dalam aksara Pallawa awal berbahasa Sanskerta dalam bentuk sloka. Aksara dipahat melingkari permukaan batu yang berbentuk bulat telur. Prasasti Tugu berisi mengenai dua sungai (kanal) yaitu Candrabhāga dan Gomati. Sungai (kanal) Candrabhāga telah digali terlebih dahulu, airnya mengalir sampai ke laut dan melewati istana kerajaan Pūrṇawarman. Selanjutnya Pūrṇawarman memerintahkan penggalian sungai (kanal) sepanjang 6122 tumbak (±12 km) bernama Gomati. Penggalian Sungai (kanal) Gomati ini dilakukan pada tahun ke-22 dari masa pemerintahan Pūrṇawarman, dan selesai dalam tempo 21 hari.

Sejarah Arca Prajnaparamita

Arca batu berukuran 1, 26 m yang sangat indah ini menggambarkan seorang dewi ilmu pengetahuan / dewi kebijaksanaan tertinggi dalam agama Buddha Mahayana. Ditemukan oleh seorang Asisten Residen di Malang bernama D. Monnerau di tahun 1818 di antara reruntuhan Candi Wayang (Candi Putri) kompleks percandian Singhasari, Malang, Jawa Timur. Bentuk dan gaya arca ini memperlihatkan gaya seni Singhasari dari abad ke-13 Masehi. Masa Singhasari menghasilkan karya seni pahat yang halus dan ketelitian tinggi.

Arca Prajñaparamita ini digambarkan duduk di atas lapik teratai (padma). Kedua tangan di depan dada bersikap dharmacakramudra (memutar roda dharma). Lengan kiri mengapit tangkai teratai berhiaskan pustaka (kitab) Prajñaparamitasutra. Kedua matanya terpusat pada ujung hidung, seperti sedang melakukan pemusatan fikiran (meditasi). Pada lehernya terdapat tiga guratan melambangkan kesabaran dan manusia sempurna. Oleh karena keindahan dan kecantikannya, arca ini seringkali dikaitkan dengan Ken Dedes yang sangat cantik, permaisuri Ken Arok, raja pertama kerajaan Singhasāri (1222-1227).

Tentang Peta Khasanah Wonoboyo

Peta ini menunjukkan tempat penemuan khasanah Wonoboyo dan khasanah Muteran. Khasanah Wonoboyo ditemukan di abad ke-20 (tahun 1990) setelah kemerdekaan Republik Indonesia. Sedangkan khasanah Muteran ditemukan di abad ke-19 (tahun 1881) pada masa Hindia-Belanda. (Red)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>