Pemerintah Saudi Imbau Jemaah Haji Salat Jumat di Masjid Dekat Hotel


AKTUALITAS.ID – Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi mengimbau jemaah haji untuk melaksanakan salat Jumat di masjid terdekat hotel, tidak harus ke Masjidil Haram.

Imbauan itu disampaikan oleh pihak Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi melalui Kantor Urusan Haji, Konsultan Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Jeddah.

“Ya, betul. Tadi awalnya Direktur yang terkait dengan urusan haji Arab Saudi telepon ke kami agar menyampaikan pesan kepada jemaah untuk melaksanakan salat di masjid hotel atau masjid-masjid dekat hotel,” terang Konsul Haji KJRI Jeddah, Nasrullah Jasam, di Jeddah, Kamis (6/7/2023).

Imbauan tersebut, kata Nasrullah, penting mengingat cuaca di kota Makkah sangat panas. Sehingga, keselamatan jemaah menjadi prioritas utama.

“Karena cuaca sangat panas demi keselamatan jemaah,” ucap Nasrullah terkait alasan imbauan dari Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi.

Berdasarkan pantauan Akurat.co melalui website acuweather.com cuaca di Area Masjidil Haram pada pukul: 12.00-13.00 Waktu Arab Saudi, Jumat, 7 Juli 2023 berada pada suhu 41-43°C. Ini berbeda jauh dengan suhu di Indonesia yang rata-rata berada pada 27-31°C saja.

Atas imbauan ini, Kepala Daker Makkah Khalilurrahman telah menerbitkan surat edaran kepada para Kepala Sektor, pelaksana pelindungan jemaah (linjam), ketua kloter, dan juga ketua rombongan. Edaran tertanggal 6 Juli 2023 itu meminta para pihak agar mengimbau jemaah untuk Salat Jumat dan Asar di masjid terdekat hotel, tidak ke Masjidil Haram, karena cuaca yang sangat panas.

“Imbauan ini diterbitkan sebagai upaya menjaga kesehatan dan keselamatan jemaah dari hal yang tidak diinginkan akibat cuaca ekstrem,” jelas Khalilurrahman. (Red)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>