Sultan Kutai dan Pemkab Tenggarong Sambut Hangat Delegasi OIC-CA 2023


AKTUALITAS.ID – Delegasi peserta Organization Islamic Cooperation – Cultural Activity (OIC-CA) 2023 mendapat sambutan hangat dari Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah dan Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura Sultan Adji Muhammad Arifin saat tiba di Masjid Agung Sultan Aji Muhammad Sulaiman Tenggarong, Minggu (9/7) malam.

Setibanya di halaman Masjid Agung para delegasi disambut dengan berbagai olahraga tradisional seperti bakiak, egrang, begasti, serta belogo.

Kemudian, seluruh delegasi berkesempatan makan malam atau welcoming dinner bersama di Pendopo Kedaton Kesultanan Sultan Kutai Ing Martadipura untuk menyantap makan malam.

Di meja VIP telah disediakan masakan khas Kutai. Sama dengan kota-kota lain di Indonesia, Kukar juga memiliki banyak makanan khas yang lezat dan kaya akan rempah biasanya merupakan hasil perpaduan antara suku asli, yakni Kutai dan Dayak dengan suku pendatang.

Bahkan pertemuan silaturahmi itu juga diiringi dengan alunan musik gambus khas Timur Tengah yang sontak membuat para peserta turut menikmati alunan musik bernuansa arab tersebut, bahkan para peserta pun diajak berdendang ria.

Setelah menikmati jamuan makan malam, dilanjutkan dengan pemberian cendera mata dari Sultan Kutai Kartanegara Aji Muhammad Arifin kepada masing-masing peserta OIC-CA dan diakhiri foto bersama.

Diketahui, 57 anggota Negara Islam di dunia dari 48 negara berkumpul di Kalimantan Timur (Kaltim) dalam pagelaran even internasional OIC-CA yang berlangsung sejak 7-14 Juli 2023, termasuk berkesempatan berkunjung ke Kukar dan bersilaturahmi dengan Bupati Kukar Edi Damansyah, Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura Aji Muhammad Arifin di Kedaton.

Kehadiran para peserta OIC-CA di Kaltim tersebut membuka peluang dalam menjalin kerja sama, tidak hanya dalam dunia pendidikan melainkan, perdagangan hingga sosial budaya lainnya.

Bupati Kukar Edi Damansyah mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada perwakilan Kemenpora dan Pemerintah Kaltim serta para pendamping lainnya.

“Selamat datang para delegasi OIC CA 2023. Kabupaten Kukar historinya merupakan daerah kerajaan tertua di Nusantara. Keberadaan kesultanan Kutai Kartanegara sampai saat ini menjadi mitra Pemkab Kukar. Salah satu fungsi dan peran Kesultanan Kutai Kartanegara adalah menjaga dan melestarikan tradisi seni budaya baik itu budaya yang berkaitan dengan adat istiadat, seni, budaya maupun cabang cabang olahraga tradisional yang sampai saat ini masih terjaga dengan baik,” kata Edi. (Red)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>