Kembangkan Industri Telekomunikasi, Menkominfo Dorong Sinergi Ekosistem  


Menkominfo Budi Arie Setiadi dalam Konferensi Pers Pernyataan Menkominfo tentang Pemberantasan Judi Online di Media Center Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Kamis (20/07/2023). - (Pey)

AKTUALITAS.ID – Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi mendorong sinergi antara Pemerintah dan penyelenggara layanan telekomunikasi seluler untuk pengembangan ekosistem industri telekomunikasi di Indonesia.

“Kita bisa sama-sama bersinergi karena ekosistem industri ini enggak boleh lemah, harus kuat,” tegasnya saat mengunjungi TelkomGroup Integrated Operation Center (TIOC) dan Integrated Operation Center (IOC) Telkomsel di Kawasan The Telkom Hub, Jakarta Selatan, Selasa (25/7/23).

Menurut Menteri Budi Arie, sinergi itu penting guna memberikan layanan kepada masyarakat di tengah ekosistem digital yang terus berkembang.

“Mana yang nanti bisa kita sinergikan, terutama dalam pelayanan digitalisasi untuk rakyat, karena ekosistem digital ini terus berkembang,” tandasnya.

Menkominfo juga meminta penyelenggara layanan telekomunikasi seluler ambil peran dalam mencegah penyebaran konten iklan perjudian melalui Short Message System (SMS).

“Operator seluler juga harus bantu, blok nomor-nomor (penyebar iklan perjudian, red.) ini jangan sampe dipakai,” ungkapnya.

Selain itu, Menteri Budi Arie meminta operator seluler sebagai pengumpul data pribadi lebih cermat dalam menjaga keamanan data pribadi pelanggan agar tidak terjadi kebocoran data. 

“Kita harus jaga lembaga maupun institusi yang mengumpulkan data pribadi, supaya jangan digunakan tidak sebagaimana mestinya,” katanya.

Menkominfo mendorong Telkom Group untuk terus berinovasi demi agar lebih maju di masa depan. “Inovasi adalah kunci kemajuan, terus maju, masa depan tidak memerlukan air mata,” ujarnya seperti yang dituliskan dalam prasasti digital di TIOC.

Dalam kunjungan itu, Menkominfo Budi Arie Setiadi didampingi Wakil Menteri Kominfo Nezar Patria, Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Ismail, Inspektur Jenderal Arief Tri Hardiyanto. 

Kedatangan Menkominfo disambut oleh Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah, Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam, serta jajaran pimpinan Telkom dan Telkomsel. (Red)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>