Menkominfo: Sajikan Konten Budaya Indonesia di Siaran Televisi Perbatasan


Menkominfo Budi Arie Setiadi dalam Konferensi Pers Pernyataan Menkominfo tentang Pemberantasan Judi Online di Media Center Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Kamis (20/07/2023). - (Pey)

AKTUALITAS.ID – Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi mengajak lembaga penyiaran televisi di wilayah perbatasan untuk menyajikan konten-konten budaya Indonesia agar diketahui negara tetangga. Menurutnya, hal itu penting agar bisa mengakomodasi keragaman Indonesia.

“Siaran-siaran di Indonesia khususnya di wilayah perbatasan dituntut untuk mencerminkan siaran yang berbudaya agar negara lain dapat mengetahui keanekaragaman budaya yang dimiliki Indonesia,” kata Menteri Budi Arie dalam acara Puncak Peringatan Hari Penyiaran Nasional ke-90 di Kabupaten Bintan, Sabtu (12/08/2023).

Sejalan dengan salah satu tema dalam peringatan Hari Penyiaran Nasional ke-90, untuk menyajikan siaran yang berbudaya, Menteri Budi Arie menjelaskan siaran yang berbudaya merupakan siaran yang menjunjung tinggi keberagaman, nilai-nilai suku adat dan budaya Indonesia. Menurutnya, hal itu tercermin dengan eksplorasi ragam kebiasaan dan kearifan lokal yang tersebar di wilayah Indonesia.

“Industri penyiaran diharapkan dapat melakukan eksplorasi terhadap berbagai budaya yang terdapat di Indonesia untuk disuguhkan dalam bentuk konten yang menarik untuk pemirsa,” tandasnya.

Senada dengan Menkominfo Budi Arie Setiadi, Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Pusat Ubaidillah mengatakan penyiaran perlu melakukan pendekatan lokalitas dan mengakomodir keberagaman bangsa.

“Penyiaran harus mengakomodir keberagaman, penyiaran tidak disarankan menjadi penyeragaman, di sini letak penting pendekatan lokalitas dalam setiap penyiaran,” jelasnya.

Menurut Ketua KPI, menyiarkan keanekaragaman budaya merupakan langkah untuk menumbuhkan rasa saling menghormati sebagai implementasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat.

“Penyiaran pada hakekatnya menjadi penyempurna strategis dari implementasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat,” ujarnya. (Red)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>