Museum Bahari akan Gelar Pameran Temporer Perjuangan Sultan Agung


AKTUALITAS.ID – Unit Pengelola (UP) Museum Kebaharian DKI Jakarta bersinergi dengan Museum Pleret Bantul, akan menggelar pameran temporer bertema ‘Segawarana Bertahta Bumi, Menyelam Samudra Berkibar Melintas Masa’ di Museum Bahari, Penjaringan, Jakarta Utara. Kegiatan diselenggarakan mulai Jumat (27/10) hingga Minggu (29/10) mendatang.

Kepala UP Museum Kebaharian, Mis Ari mengatakan, kegiatan bertujuan mengangkat peran Sultan Agung dalam upaya mengusir VOC (Vereenigde Oost-Indische Compagnie) di Batavia. Diharapkannya, semangat Sultan Agung akan menginspirasi generasi muda untuk terus berjuang menjadi bangsa maju dan kuat.

“Cita-cita besar Sultan Agung adalah mempersatukan Nusantara dengan menguasai daratan dan lautan dari belenggu penjajahan VOC,” katanya, Rabu (25/10).

Menurut Ari, pameran yang sebagian disajikan dalam format multi media ini juga akan mengangkat tentang rempah Nusantara yang sudah banyak tercatat dalam manuskrip kuno, sebagai salah satu bagian penting membangun peradaban dunia kala itu.

Selain itu, akan ditampilkan pula berbagai koleksi tentang sejarah Sultan Agung, hasil budaya Sultan Agung dan peta Mataram di area mini museum. Kemudian 3D hologram sejarah Mataram Islam di Kota Gede dan 3D hologram keris.

“Pameran akan dibuka mulai pukul 08.00 hingga 16.00. Khusus 28 Oktober, pameran akan dibuka hingga pukul 20.00 malam,” tandasnya. (Red)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>