Lewat Speed, Indonesia Berlaga di Olimpiade Paris 2024


Atlet Panjat Tebing Indonesia Rahmad Adi Mulyono berhasil menjuarai disiplin Speed, Kejuaraan panjat tebing IFSC Asian Qualifier 2023 di Jakarta, Minggu (12/11/2023).

AKTUALITAS.ID – Indonesia kembali memantapkan langkah ke Olimpiade Paris 2024 melalui Rahmad Adi Mulyono. Atlet nomor speed putra itu keluar sebagai juara di ajang Kualifikasi Olimpiade 2024 Zona Asia yang bertajuk IFSC Asian Qualifier 2023 di Jakarta, Minggu (12/11/2023).

Kualifikasi dimulai dengan mempertemukan 24 atlet putra dan 16 atlet putri. Keseluruhan atlet tersebut bertanding dua kali, dengan jalur lintasan berbeda.

Kemudian diambil 16 atlet putera dan delapan atlet putri, untuk kembali menguji kecepatan di babak final. Pada kategori putra, keseluruhan atlet Indonesia yang ikut serta dalam disiplin ini berhasil lolos ke babak final.

Ketiga atlet tersebut adalah Kiromal Katibin, Veddriq Leonardo dan Rahnad Adi Mulyono.
Dalam babak final Rahmad Adi Mulyono berhasil melewati tantangan atlet lain.

Termasuk mengalahkan pemegang rekor dunia kecepatan panjat tebing, Veddriq Leonardo pada babak semi-final. Di babak final Rahmad Adi Mulyono bertemu dengan Kiromal Katibin, yang berhasil mengatasi hadangan atlet Jepang, Ryo Omasa.

Pada saat pertandingan terakhir final, yang mempertemukan dua atlet Indonesia, terlihat Katibin mengalami masalah. Ia terpeleset ketika sedang memanjat, sehingga Rahmad Adi Mulyono dengan mudah melewatinya, dan mencapai puncak lebih dahulu.

Dengan demikian Rahmad Adi Mulyono menjadi juara, dengan catatan waktu 5.35 detik. Dengan kemenangan ini juga maka ia berhak mendapatkan kesempatan bertanding di Olimpiade Paris 2024 mendatang.

Di kategori putri,tiga orang atlet Indonesia juga berhasil mencapai putaran final. Ketiga atlet tersebut adalah Mutia Amanda Narda, Nurul Iqomah, dan Rajiah Sallsabillah. Sayangnya ketiga atlet Indonesia tersebut hanya Rajiah Sallsabillah yang berhasil menjadi juara ketiga. [Kiki Budi Hartawan/Eki]

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>