Komisi I DPR Gelar Fit and Proper Tes Calon Panglima TNI Agus Subiyanto Hari Ini


Calon Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto (IST)

AKTUALITAS.ID – Komisi I DPR RI akan menggelar uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test terhadap Jenderal Agus Subiyanto sebagai calon Panglima TNI pada hari ini, Senin (13/11/2023).

Sesuai dengan surat yang telah disampaikan, Presiden Joko Widodo mengirimkan nama Jenderal Agus Subiyanto sebagai calon tunggal panglima TNI menggantikan Laksamana Yudo Margono.  

Sebelumnya pada Jumat (10/11) DPR telah melakukan verifikasi persyaratan administrasi kelengkapan Agus. 

Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid menyatakan bahwa persyaratan administrasi Agus yang saat ini menjabat Kepala Staf Angkatan Darat sebagai calon tunggal Panglima TNI sudah lengkap.

“Saya menyampaikan bahwa syarat administrasi calon panglima TNI sudah lengkap,” kata Meutya seperti dikutip, Senin (13/11).

Menurut agenda, uji kelayakan dimulai pukul 10.00 WIB

Usai fit and proper test rampung, Komisi I akan menyerahkan hasilnya ke pimpinan DPR untuk kemudian dibawa ke Badan Musyawarah (Bamus). Lalu, pimpinan akan mengagendakan rapat paripurna untuk mengesahkan nama Agus.

Pimpinan DPR juga akan mengirimkan surat kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal hasil uji kelayakan.

Seperti diketahui, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono akan memasuki masa pensiun pada 26 November 2023. Jokowi mengusulkan Agus menjadi Panglima TNI.

Agus sendiri baru dilantik sebagai KSAD pada 27 Oktober menggantikan Jenderal Dudung Abdurachman yang memasuki masa pensiun. Sebelumnya, ia menduduki posisi Pangkostrad.  (Rafi)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>