Jelang KTT APEC, Ribuan Orang Turun ke Jalan Dukung Palestina di AS


Demonstran pro-Palestina dekat Moscone Center, menjelang KTT Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) di San Francisco, California, Amerika Serikat (12/11/2023). (Reuters)

AKTUALITAS.ID – Pendemo turun ke jalan membawa bendera Palestina, spanduk, serta banner bertuliskan “Free Palestine”, di  jalan utama kota San Francisco, California, Amerika Serikat pada Selasa (14/11) malam waktu setempat. 

Ribuan orang yang datang menuntut pembebasan Palestina dan gencatan senjata di Jalur Gaza.

“Di sini sekitar jam 18.15, ada demo besar-besaran mereka mendesak pembebasan Palestina. Menurut warga di sini, ini termasuk demo paling besar di San Francisco, yang digelar sampai malam hari,” demikian laporan jurnalis di lokasi.

“Massa sangat banyak, jalan dan persimpangan sampai ditutup tadi sekitar 5-10 menit. Banyak massa bawa bendera Palestina, spanduk, tulisan Free Palestine mendesak ceasefire (gencatan senjata),” demikian laporan itu.

Selain menyuarakan dukungan bagi Palestina, para peserta demo juga membagikan selebaran tentang tuntutan dan tujuan aksi unjuk rasa tersebut.

Dalam selebaran yang mewakili organisasi Party for Socialism a Liberation (PSL) itu, menyebut perang yang terjadi di Gaza bukan berawal dari insiden 7 Oktober lalu saat milisi Hamas secara tiba-tiba menyerang wilayah Israel.

“Perang ini telah berlangsung dari berbagai generasi. Gaza diblokade selama 20 tahun dan Israel terus meluncurkan perang masif pada 2008, 2012, 2014, 2021, dan menyebabkan ribuan warga Palestina tewas,” demikian dikutip dari selebaran tersebut.

Demonstrasi besar ini juga berlangsung di waktu yang sama jelang penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi Asia Pasifik (KTT APEC) di San Francisco pada 15-17 November.

Beberapa pemimpin negara termasuk Presiden Joko Widodo dan Presiden China Xi Jinping hadir di pertemuan ini. Presiden AS Joe Biden juga disebut telah tiba di San Francisco untuk menghadiri pertemuan ini. (Rafi)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>