KPU Gelar Deklarasi Pemilu Damai di GBK Senin Mendatang, Dihadiri Pasangan Capres dan Cawapres 


AKTUALITAS.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI bakal menggelar deklarasi pemilu damai di Gelora Bung Karno pada Senin (27/11/2023) mendatang. Acara tersebut, sebagai agenda kirab pemilu yang dilakukan setiap tahun.

Anggota KPU RI, August Mellaz mengatakan agenda itu akan dimulai pada siang hari dan menghadirkan sebanyak 65 ribu sampai 70 ribu tamu undangan.

“Kita punya program kirab pemilu mulai dijalankan pada 14 Februari 2022 lalu, satu tahun sebelum hari H. Nanti titik temu di Jakarta, bendera-bendera partai yang kita kirab itu masuk ke Jakarta dan di situ jadi momentum penandatangan komitmen pemilu damai,” kata Mellaz kepada wartawan, Jakarta, Rabu (22/11/2023).

Deklarasi pemilu damai tersebut rencananya digelar pada pukul 14.00 WIB dengan menghadirkan sejumlah perwakilan dari partai politik peserta pemilu, kontestan Pemilu 2024, yakni para pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres), serta penyelenggara pemilu. Namun, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikatakan akan absen dalam acara itu.

Menurut Agust, deklarasi pemilu damai itu sekaligus merayakan satu tahun program kirab pemilu yang sudah dijalankan oleh KPU sejak 14 Februari 2023 lalu.

“Jadi satu tahun sebelum hari-H, itu sekaligus nanti titik temunya di Jakarta. Bendera-bendera partai yang kita kirab di lebih dari 300 kabupaten/kota dalam satu tahun kerja kami,” sebut dia.

“Itu (kirab) masuk ke Jakarta sekaligus di situlah menjadi momentum penandatanganan komitmen pemilu damai,” sambungnya.

Sebagai informasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan nomor urut calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) untuk Pilpres 2024 pada Selasa (14/11/2023) lalu.

Pasangan Anies-Muhaimin mendapatkan nomor urut satu, Prabowo-Gibran nomor urut dua dan Ganjar – Mahfud nomor urut tiga. Selanjutnya, KPU bakal mendeklarasikan pemilu damai.

“Tanggal 27 November 2023, KPU akan menyelenggarakan deklarasi pemilu damai. Lalu tanggal 28 November 2023 dimulai kampanye,” kata Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari di Kantor KPU RI, Selasa (14/11/2023) malam. (RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>