Jenderal TNI Agus Subiyanto Resmi Menjabat Panglima TNI


Laksamana TNI Yudo Margono salam komando dengan Jenderal TNI Agus Subiyanto usai serah terima jabatan (Sertijab) Panglima TNI di Plaza Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (22/11/2023). (dok. Ist)

AKTUALITAS.ID –  Laksamana TNI Yudo Margono resmi menyerahkan jabatan Panglima TNI kepada Jenderal TNI Agus Subiyanto , Rabu (22/11/2023). 

Serah terima jabatan (sertijab) Panglima TNI digelar di Plaza Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur sebagai tindak lanjut dari Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 102/TNI/2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima Tentara Nasional Indonesia. Prosesi sertijab Panglima TNI antara Yudo dan Agus dilakukan melalui penyerahan simbolis penghormatan dan penyerahan Panji TNI Tri Dharma Eka Karma antarkeduanya. 

Setelah itu, keduanya menandatangani naskah sertijab yang diawali oleh Yudo Margono dan diikuti Agus Subiyanto.

Upacara sertijab hari ini digelar usai Agus dilantik menjadi Panglima TNI oleh Presiden Joko Widodo pada pagi ini.

Sebelum dilantik, Ia telah menjalani uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) yang digelar DPR RI beberapa waktu lalu.

Dalam kesempatan itu, Yudo Margono menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh Presiden RI Joko Widodo dan seluruh rakyat Indonesia hingga dirinya dapat menjabat Panglima TNI sejak 19 Desember 2022 lalu.

“Dan pada seluruh masyarakat tentunya saya juga mengucapkan terima kasih,” ujar Yudo Margono.

“Dan juga pada seluruh jajaran TNI di mana pun berada dan bertugas, saya mohon pamit dan tentunya saya juga menitipkan supaya TNI tetap profesional, modern, dan tangguh dalam menjaga kedaulatan Republik Indonesia yang kita cintai bersama ini,” tambahnya. (RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>