Lakukan 8 Tips Ini Agar Ponsel Terhindar dari Panas Berlebih 


Ilustrasi. Tips atasi Ponsel panas berlebih. (ist)

AKTUALITAS.ID – Pemanasan berlebihan adalah masalah umum pada ponsel dan menghindarinya merupakan hal yang sangat penting untuk menjaga umur dan kinerja perangkat.

Pemanasan berlebihan dapat memperlambat kinerja ponsel, merusak daya tahan baterai, dan bahkan menyebabkan kerusakan fisik pada komponen internal seiring waktu. Dalam kasus yang parah, pemanasan berlebihan dapat menyebabkan masalah keamanan

.

Dilansir dari Lifehacker, berikut ini tujuh tips agar ponsel terhindar dari panas berlebih.

1. Gunakan kamera seperlunya

Hindari menggunakan kamera dengan resolusi yang berlebih. Menggunakan kamera untuk memotret dan merekam video dengan resolusi tinggi dalam waktu yang lama dapat menyebabkan ponsel cepat panas.

2. Jauhkan sinar matahari

Ponsel bisa mengalami overheat saat terpapar langsung sinar matahari atau cuaca panas. Hindari meletakkan ponsel di tempat yang terkena sinar matahari langsung atau pada dashboard mobil. Cara ini bisa membantu mencegah ponsel overheat.

3. Tutup aplikasi yang tidak digunakan

Langkah berikutnya untuk mengatasi overheat pada ponsel adalah menutup semua aplikasi yang tidak digunakan. Jangan biarkan aplikasi berjalan di latar belakang terlalu lama.

Selain itu, saat mengisi daya ponsel, sebaiknya tutup aplikasi untuk menurunkan suhu perangkat.

4. Turunkan kecerahan layar

Pastikan untuk menurunkan kecerahan layar saat berada di luar ruangan. Layar yang terlalu terang dan cuaca panas dapat menguras baterai dan menyebabkan ponsel overheat.

5. Unduh aplikasi sesuai kebutuhan

Hindari mengunduh terlalu banyak aplikasi yang tidak pernah digunakan. Hapus aplikasi yang tidak diperlukan, matikan notifikasi, dan fitur lokasi dari beberapa aplikasi.

6. Nonaktifkan GPS dan bluetooth

Selain menutup aplikasi, pastikan untuk mematikan fungsi global positioning system (GPS) dan bluetooth jika tidak digunakan. Keduanya dapat menguras daya baterai dan menyebabkan ponsel menjadi panas.

7. Gunakan pengisi daya yang tepat

Mengisi daya ponsel kini lebih nyaman dari sebelumnya, tetapi sebaiknya hindari opsi pengisian daya cepat dan nirkabel. Hal ini karena kedua opsi pengisian daya tersebut cenderung menghasilkan panas berlebih.

8. Matikan ponsel

Cara lain untuk mengatasi ponsel yang terlalu panas adalah dengan mematikannya untuk sementara waktu. Hal ini akan memberikan waktu istirahat pada perangkat dan membantu mendinginkannya setelah bekerja dengan intensitas tinggi. (RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>