Musim Hujan Telah Tiba, Presiden Minta Petani di Pekalongan Segera Tanam Padi 


Presiden Joko Widodo meninjau penanaman padi dan menyerap aspirasi para petani di Kecamatan Kesesi, Kabupaten Pekalongan, Provinsi Jawa Tengah, pada Rabu (13/12/2023). (BPMI Setpres)

AKTUALITAS.ID – Presiden Joko Widodo meninjau penanaman padi dan menyerap aspirasi para petani di Kecamatan Kesesi, Kabupaten Pekalongan, Provinsi Jawa Tengah, pada Rabu (13/12/2023).

Dalam keterangannya usai peninjauan, Presiden Jokowi mendorong para petani agar segera memulai penanaman dikarenakan musim penghujan yang telah tiba.

“Karena hujan sudah mulai di banyak provinsi, kita ingin mendorong agar petani segera memulai menanam padi, karena waktu kita kemarin karena El Nino mundur sedikit sehingga kita kejar agar tanam, tanam, tanam, karena kita harapkan nanti di bulan Maret atau April kita sudah mulai panen,” ucap Presiden dalam keterangannya di hadapan awak media.

Presiden juga menginginkan produktivitas gabah, padi dan beras di Jawa Tengah bisa meningkat agar petani bisa sejahtera.

“Kita semua bertekad agar produktivitas gabah, padi dan beras, di Jawa Tengah tahun depan sudah meningkat dan surplus sehingga seluruh petani sejahtera,” ujar Presiden.

Dia meminta petani di Jateng yang memiliki keluhan mengenai urusan pupuk dan bibit agar menyampaikan keluhan kepada penyuluh pertanian lapangan (PPL), bupati, gubernur atau menteri pertanian.

Presiden menekankan Indonesia ingin meningkatkan produksi pangan di tengah krisis akibat perang antara Rusia dan Ukraina, dan Palestina dengan Israel.

Jokowi meminta kepada para PPL dan Babinsa agar mendampingi dengan baik para petani, baik saat menanam, pembibitan, pemupukan serta saat panen.

“Nanti pas panennya betul-betul diikuti dan diarahkan sehingga sekali lagi produksi beras kita nanti bisa meningkat dengan baik,” terangnya.

Dari Pekalongan, Presiden Jokowi akan bergerak menuju Kota Salatiga. Untuk meresmikan Terminal Tingkir berikut dua terminal lainnya, yakni Terminal Paya Ilang Takengon di Kabupaten Aceh Tengah, dan Terminal Anak Air di Kota Padang. (IYAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>