Bolehkah Membawa Handphone Yang Terinstall Al-Qur’an ke Toilet? 


Ilustrasi. Handphone terinstall Al Qur'an digital (ist)

AKTUALITAS.ID – Gawai atau handphone sudah bukan lagi barang mewah. Kini, semua lapisan masyarakat hampir memilikinya. 

Selain itu, barang ini, sekalipun sekadar ke toilet. Terkait hal ini, tidak sedikit umat Islam yang menginstal aplikasi Al-Qur’an di  Sementara, banyak muslim yang menginstal Al-Qur’an atau Al-Qur’an digital atau aplikasi Al-Qur’an di dalam HP-nya.

Pertanyannya adalah apabila masuk ke toilet, bolehkah membawa HP yang sudah terinstal Al-Qur’an?

Menurut laman Kementerian Agama (Kemenag) dan para ulama, Al-Quran adalah Kalam Allah SWT yang dianggap suci dan membacanya merupakan ibadah.

Ada aturan-aturan terkait penyimpanan dan penanganan Al-Quran, salah satunya adalah menjaga kebersihan saat memegangnya dan meletakkannya di tempat yang layak.

Oleh karena itu, para ulama melarang membawa Al-Quran ke dalam toilet.

Ulama kontemporer memberikan jawaban terkait hal ini, dalam kitab Mauqi’ul Islam Sual wa Jawab halaman 53:

ﻫﺬﻩ ﺍﻟﺠﻮﺍﻻﺕ ﺍﻟﺘﻲ ﻭﺿﻊ ﻓﻴﻬﺎ ﺍﻟﻘﺮﺁﻥ ﻛﺘﺎﺑﺔ ﺃﻭ ﺗﺴﺠﻴﻼ، ﻻ ﺗﺄﺧﺬ ﺣﻜﻢ ﺍﻟﻤﺼﺤﻒ، ﻓﻴﺠﻮﺯ ﻟﻤﺴﻬﺎ ﻣﻦ ﻏﻴﺮ ﻃﻬﺎﺭﺓ، ﻭﻳﺠﻮﺯ ﺩﺧﻮﻝ ﺍﻟﺨﻼﺀ ﺑﻬﺎ، ﻭﺫﻟﻚ ﻷﻥ ﻛﺘﺎﺑﺔ ﺍﻟﻘﺮﺁﻥ ﻓﻲ ﺍﻟﺠﻮﺍﻝ ﻟﻴﺲ ﻛﻜﺘﺎﺑﺘﻪ ﻓﻲ ﺍﻟﻤﺼﺎﺣﻒ، ﻓﻬﻲ ﺫﺑﺬﺑﺎﺕ ﺗﻌﺮﺽ ﺛﻢ ﺗﺰﻭﻝ ﻭﻟﻴﺴﺖ ﺣﺮﻭﻓﺎ ﺛﺎﺑﺘﺔ، ﻭﺍﻟﺠﻮﺍﻝ ﻣﺸﺘﻤﻞ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻘﺮﺁﻥ ﻭﻏﻴﺮﻩ

“Handphone atau smartphone yang di dalamnya terdapat Al-Qur’an baik yang tampak sebagai tulisan atau berupa audio tidak dihukumi sebagai mushaf. Oleh karena itu boleh memegangnya dalam keadaan hadats dan juga boleh membawanya ke dalam toilet. Ini disebabkan tulisan Al-Qur’an yang tampak di HP atau Smartphone tidak seperti tulisan dalam mushaf, tulisan tersebut adalah getaran listrik atau pancaran sinar yang bisa nampak dan bisa hilang serta bukan merupakan huruf yang tetap. Lebih dari itu, dalam HP atau Smartphone terdapat banyak program atau data selain Al-Qur’an.”

Meskipun boleh membawa HP ke dalam toilet, disarankan untuk tetap menghormati Al-Quran dengan tidak membuka aplikasinya saat berada di toilet. (IYAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>