KPU Belum Putuskan Lokasi Debat Kedua Yang Melibatkan Ketiga Cawapres


Ilustrasi. Tiga Capres, Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo saat Debat Capres Perdana di kantor KPU Pusat, Jakarta. (Dok IST)

AKTUALITAS.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum memutuskan lokasi debat antara calon wakil presiden (cawapres) yang akan digelar pada 22 Desember 2023 mendatang. Lokasi debat akan dibahas dan diputuskan bersama KPU dengan televisi pool penyelenggara debat.

“Untuk lokasi besok kita akan ketemu dengan pihak TV pool penyelenggaranya karena ada beberapa usulan,” ujar anggota KPU August Mellaz seusai rapat evaluasi debat perdana Pilpres 2024 dengan tim pemenangan pasangan capres-cawapres di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta, Kamis (14/12/2023).

Jika debat perdana pilpres dilaksanakan di halaman kantor KPU, Menteng, maka debat kedua akan digelar di salah satu hotel di Jakarta.

“Di hotel, di Jakarta,” ujar August.

Selain itu, kata August, panelis debat cawapres ini akan berbeda dengan panelis debat perdana capres. Hal ini, kata dia, karena tema debatnya berbeda sehingga perlu mencari pakar yang paham dan ahli atas tema debat yang diangkat. Hanya saja, kata August, KPU belum putuskan panelis debat kedua ini.

“Belum (diputuskan nama panelis debat), nanti segera kita putuskan, gini kalau kami punya timeline, misalnya kalau kita ukur tanggal 22 Desember pelaksanaan untuk debatnya maka kalau lihat pola kemarin, paling tidak dua hari sebelumnya panelis karantina, kan begitu. Nanti ditarik mundur lagi koordinasi antar tim paslon dengan TV pool dengan KPU berapa kali yang dibutuhkan, ditarik mundur lagi koordinasinya berapa lama, nah termasuk panelis kapan diumumkan,” jelas August.

Debat kedua akan digelar pada Jumat, 22 Desember 2023 mendatang. Nantinya debat kedua akan melibatkan cawapres, yakni nomor urut 1 Muhaimin Iskandar (Cak Imin), cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka dan cawapres nomor urut 3 Mahfud MD.

Adapun tema yang diangkat terkait ekonomi (ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital), keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN-APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Debat akan berlangsung selama 150 menit dengan rincian 120 menit untuk debat dan 30 menit utk iklan. Debat terdiri dari 6 segmen, mulai dari segmen pemaparan visi,misi dan program, pendalaman, tanya jawab dan sanggahan serta penutup.

Sementara, stasiun televisi yang akan menyiarkan debat kedua pilpres adalah BTV (Beritasatu TV), TransTV, Trans7, CNN Indonesia, dan Kompas TV. 

Sekadar informasi, KPU sudah menggelar debat perdana Pilpres 2024 pada Selasa (12/12/2023) lalu. Debat pertama itu mencakup tema hukum, Hak Asasi Manusia (HAM), pemerintahan, pemberantasan korupsi, dan penguatan demokrasi.

Adapun debat cawapres akan diselenggarakan pada Jumat (22/12/2023) dengan tema ekonomi (ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital), keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur dan perkotaan. (RAFI/ARI WIBOWO)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>