Ingin Terlihat Awet Muda! Simak Tip Agar Kulit Tetap Sehat dan Terawat


Ilustrasi perawatan kulit.(SHUTTERSTOCK)

AKTUALITAS.ID – Pada dasarnya, penuaan merupakan proses alami yang terjadi pada semua orang. Ini karena seiring pertambahan usia, kulit akan kehilangan elastisitasnya sehingga tanda-tanda penuaan pun bermunculan, mulai dari garis halus, keriput, hingga bercak atau flek pada kulit.

Meski demikian, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar tanda-tanda dari proses penuaan dini tersamarkan, sehingga Anda tetap terlihat awet muda.

Merawat kulit sangat penting, karena kulit adalah pelindung utama tubuh dari infeksi, kerusakan akibat sinar matahari dan faktor lingkungan lainnya. 

Akan tetapi, jika tidak dirawat kulit akan kehilangan kelembapan, elastisitas, serta tampilan kulit yang tidak lagi sehat dan terawat.

Berikut tip agar kulit tetap sehat dan terawat agar terlihat awet muda.

1. Lindungi dari sinar matahari

Paparan sinar UV matahari dapat merusak kulit yang menyebabkan penuaan dini, yakni berupa hiper-pigmentasi, bintik matahari, kerutan atau bintik-bintik. Guna mencegahnya, selalu gunakan tabir surya di atas 30 SPF sebelum keluar dan juga saat berada di dalam ruangan.

2. Konsumsi makanan sehat

Rajin konsumsi makanan yang sehat , kaya Vitamin E dan C agar  kulit tetap terawat. Vitamin ini kaya akan antioksidan yang membantu mencegah radikal bebas merusak sel kulit. Selain itu, mengonsumsi makanan sehat dapat meningkatkan elastisitas dan kekenyalan kulit. 

3. Hindari stres

Stres bisa memengaruhi kondisi kulit. Cobalah untuk menjaga pola tidur yang baik, olahraga secara teratur. Kemudian praktikkan teknik relaksasi, seperti meditasi atau yoga untuk membantu mengurangi stres dan menjaga kesehatan kulit Anda.

4. Jangan lupa hapus make up

Membersihkan make up sebelum tidur adalah langkah penting dalam menjaga kesehatan kulit. Sisa make up dapat menyumbat pori-pori dan memicu masalah kulit, seperti jerawat atau penuaan dini. (IYAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>