Naik Kendaraan Umum Saat Liburan, Menkes: Lebih Aman Pakai Masker


Ilustrasi warga pakai masker saat naik transportasi umum.(Shutterstock)

AKTUALITAS.ID – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin berpesan kepada seluruh masyarakat Indonesia tetap menerapkan protokol kesehatan bagi yang hendak bepergian saat Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024.

Itu karena perintah memproyeksi bakal terjadi mobilitas yang sangat besar dari perjalanan akhir tahun masyarakat di Indonesia. Meskipun, dengan peningkatan kasus Covid-19 baru-baru ini, pemerintah masih melonggarkan beberapa aturan untuk para pelaku perjalanan. 

Salah satu protokol yang sebaiknya diterapkan yakni penggunaan masker ketika melakukan perjalanan baik dalam keadaan sehat maupun sedang kurang enak badan.

“Kalau misalnya merasa kurang enak badan, pakailah masker. Kalau teman duduk sebelahnya sudah mulai batuk-batuk, langsung pakai masker. Kalau mau lebih konservatif lagi, ingin lebih aman ya sudah dipakai maskernya selama perjalanan,” kata Budi dalam Konferensi Pers Kesiapsiagaan Sektor Kesehatan Menghadapi Masa Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Jumat (22/12).

Menkes Budi juga mengingatkan masyarakat untuk menjaga kondisi kesehatan tubuh, terutama bagi mereka yang berencana bepergian ke berbagai tempat. Dengan waktu yang masih ada hingga akhir tahun, disarankan untuk melakukan vaksinasi gratis terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan.

“Jaga kondisi badan karena imunitas kita akan tergantung kondisi tubuh dan jangan terlalu capek. Kalau mau lebih aman lagi sebelum bepergian masih ada waktu untuk ke puskesmas dan rumah sakit, bisa vaksinasi dulu,” jelasnya.

Sebagai informasi, kasus Covid-19 di Indonesia saat ini sedang mengalami peningkatan signifikan. Kementerian Kesehatan memprediksi puncak Covid-19 akan terjadi pada Januari 2024. Varian yang mendominasi kasus saat ini adalah JN.1, yang memiliki kemampuan penyebaran yang sangat cepat.

Gaya hidup sehat dan kesadaran masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan menjadi langkah efektif untuk melindungi diri dari paparan virus Covid-19 yang dapat mengancam kesehatan tubuh.

Dalam situasi peningkatan kasus, kepatuhan terhadap protokol kesehatan menjadi kunci untuk mengendalikan penyebaran virus. Semua pihak diimbau untuk bersama-sama menjaga kesehatan dan keamanan selama libur Natal dan Tahun Baru agar dapat memasuki tahun baru dengan kondisi yang lebih baik. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>