Pemimpin Partai Oposisi Korsel Ditikam Orang Tak Dikenal Saat Kunjungan ke Busan


Pemimpin partai oposisi Korea Selatan, Lee Jae-myung, ditikam di bagian leher saat sedang berbicara dengan wartawan di sela-sela kunjungannya ke Busan, Selasa (2/1/2024). [foto: Yonhap]

AKTUALITAS ID – Lee Jae-myung pemimpin oposisi Partai Demokrat Korea Selatan ditikam di lehernya saat berkunjung ke Kota Busan, Selasa (2/1/2024) hari ini.

Lee Jae-myung yang kalah tipis dalam Pilpres 2022, diserang oleh seorang pria tak dikenal ketika bergerak di antara kerumunan pendukung dan jurnalis di sebuah acara publik.

Serangan yang dialami Lee Jae-myung itu terlihat dalam rekaman video dan foto. Pria tak dikenal itu mendekat dengan berusaha meminta tanda tangan saat Lee. Lalu seketika ia menikam leher Lee Jae-myung.

Laman Reuters menyebut Lee Jae-myung dalam kodisi sadar dan langsung diterbangkan ke Seoul National University Hospital guna mendapatkan perawatan.

Sebelum diterbangkan ke Seoul, Lee Jae-myung sempat mendapatkan perawatan awal di Pusan ​​National University Hospital.

Partai Demokrat pun mengutuk penyerangan terhadap pemimpinnya. “Ini seharusnya tidak terjadi dalam keadaan apa pun,” ujar Juru Bicara Partai Demokrat Kwon Chil-seung kepada wartawan yang berkumpul di depan Rumah Sakit Universitas Nasional Seoul, seperti dilansir Yonhap News Agency.

Presiden Korsel Yoon Suk-yeol menyatakan keprihatinan mendalam atas insiden yang menimpa Lee. Dia memerintahkan kepolisian Korsel segera mengusut dan menyelidiki kejadian tersebut.

Kepolisian Korsel telah mengumumkan pembentukan tim investigasi khusus di Busan untuk menyelidiki aksi penikaman terhadap Lee. “Perlindungan keamanan bagi personel kunci akan diperkuat untuk mencegah terjadinya insiden serupa,” ujar Komandan Kepolisian Nasional Korsel Komisaris Jenderal Yoon Hee-keun.  (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>