KPK Bakal Undang Tiga Capres Bahas Antikorupsi pada Pekan Depan


Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri (dok. Istimewa)

AKTUALITAS ID – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berencana mengundang tiga calon presiden (capres) ke Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, pada Rabu (171/2024), pekan depan.

Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri mengatakan, Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo akan diminta mengikuti program penguatan antikorupsi untuk penyelenggara berintegritas (PAKU Integritas). 

Program ini biasanya diadakan untuk mencegah praktik lancung dan sudah diikuti baik oleh kementerian maupun partai politik di Tanah Air.

“Sejauh ini, informasi yang kami peroleh diagendakan pada tanggal 17 Januari 2024 di Gedung Merah Putih KPK,” kata Ali dalam keterangannya, Selasa, (9/1/2024).

Ali berharap para capres bisa hadir karena kegiatan ini penting. “Paku Integritas merupakan program KPK sejak 2021 melalui Kedeputian Bidang Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat guna menguatkan komitmen antikorupsi para penyelenggara negara,” tegasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron mengatakan lembaganya bakal menanyakan komitmen para capres dalam upaya memberantas korupsi di Tanah Air. Mereka akan membuat acara dan mengundang para kontestan pesta demokrasi.

“Kami akan mengundang, kami akan bikin forum sendiri khusus untuk isu antikorupsi,” kata Ghufron kepada wartawan.

Ghufron menyebut forum ini berbeda dengan debat yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Namun, mereka bisa menyampaikan visi dan misinya.

“Jadi KPK nanti untuk mengawal dan kemudian memastikan komitmen para capres pada agenda-agenda pemberantasan korupsi, KPK akan mengadakan momen sendiri. Bukan debat tapi,” tegasnya. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>