Jose Mourinho Resmi Dipecat Sebagai Pelatih AS Roma 


Jose Mourinho bersedih. Foto:Getty Images

AKTUALITAS.ID – Kebersamaan Jose Mourinho dengan AS Roma telah berakhir setelah klub sepakbola Italia tersebut memberhentikan sang manajer pada Selasa (16/1/2024). Keputusan ini diambil karena rangkaian hasil buruk yang dialami AS Roma dalam kompetisi Liga Italia.

Pemilik AS Roma menyatakan bahwa keputusan untuk memecat Mourinho dibuat dengan mempertimbangkan “kepentingan terbaik” tim. Klub saat ini menduduki peringkat kesembilan di Liga Serie A Italia setelah mengalami kekalahan 3-1 dari AC Milan pada hari Minggu. Selain itu, AS Roma sedang menghadapi kesulitan mengatasi kehilangan pemain kunci karena cedera, termasuk striker Paulo Dybala.

Dengan tertinggal 22 poin dari pemimpin klasemen Inter Milan, AS Roma mengumumkan, “AS Roma dapat mengonfirmasi bahwa Jose Mourinho dan staf kepelatihannya akan segera meninggalkan klub,” kata klub dikutip dari Reuters.

Pembaruan lebih lanjut mengenai staf pelatih baru untuk tim utama AS Roma akan diumumkan dalam waktu dekat. AS Roma mengalami performa kurang memuaskan dengan hanya meraih empat poin dari lima pertandingan terakhir di liga. Selain itu, mereka juga tersingkir dari Coppa Italia pekan lalu setelah mengalami kekalahan 1-0 dari tim rival, Lazio.

Pasca kekalahan tersebut, Mourinho mengibaratkan dirinya dengan penyihir fiksi Harry Potter, menyatakan bahwa posisinya di klub meningkatkan ekspektasi penggemar terhadap kesuksesan. 

Mourinho juga membalas kritik dengan menyatakan dirinya sebagai contoh profesionalisme yang sempurna, meskipun timnya mengalami hasil buruk baru-baru ini.

“Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada Jose atas nama kami semua di AS Roma atas semangat dan usahanya sejak kedatangannya di klub,” kata pemilik klub Dan dan Ryan Friedkin dalam sebuah pernyataan.

Mourinho akan selalu memiliki kenangan indah tentang masa jabatannya di Roma, tetapi yakin bahwa perubahan segera adalah demi kepentingan terbaik klub.

“Kami mendoakan yang terbaik bagi Jose dan asistennya dalam usaha mereka di masa depan,” Lanjutnya.

Mourinho, yang telah menangani beberapa klub papan atas Eropa termasuk Porto, Chelsea, Inter Milan, Real Madrid, dan Manchester United, diangkat sebagai pelatih Roma pada tahun 2021.

Di bawah kepemimpinan manajer asal Portugal tersebut, Roma berhasil meraih gelar Liga Konferensi Europa pada tahun 2022. Ia juga membawa Roma ke final Liga Europa pada tahun 2023, walaupun akhirnya kalah melalui adu penalti oleh Sevilla.

Selanjutnya, AS Roma menunjuk Daniele De Rossi sebagai pelatih kepala hingga 30 Juni 2024. Roma akan menghadapi Verona, yang berada di peringkat ke-18, pada hari Sabtu. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>