Bangun Ketahanan Pangan, Pemprov Kaltim dan Pemkab Kukar Gandeng Swasta


Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik bersama pengusaha tambang Kutai Kartanegara berkunjung ke beberapa greenhouse dan peternakan domba yang ada di wilayah Hambalang, Kabupaten Bogor. (Adpim pemprov Kaltim)

AKTUALITAS.ID – Dalam memaksimalkan sektor pertanian sebagai upaya membangun ketahanan pangan di daerah, Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur bersama dengan Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara menjalin kerja sama dengan sejumlah perusahaan swasta.

Penjabat Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik mengatakan pihaknya ingin mewujudkan konsep pertanian modern yakni lahan pertanian yang sekaligus dijadikan sebagai areal peternakan seperti di kawasan Hambalang, Kabupaten Bogor.

“Kami sudah berdiskusi dengan para pengusaha membicarakan Kutai Kartanegara bisa menjadi percontohan kontribusi dari pemilik tambang untuk membangun ketahanan pangan di Kaltim,” ungkap Akmal Malik dalam keterangan resmi di Samarinda, Selasa (16/1).

Pada kesempatan itu, Akmal Malik melakukan pertemuan dengan Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah beserta jajaran Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara dan jajaran pemilik Izin Usaha Pertambangan (IUP) yang beroperasi pada kawasan Kutai Kartanegara.

Akmal Malik mengungkapkan pertemuan bertajuk Executive Meeting dalam rangka melakukan upaya-upaya pembangunan ketahanan pangan di wilayah Kalimantan Timur, salah satunya dengan mengembangkan sistem pertanian modern.

Setelah berdiskusi, lanjut Akmal, jajaran Pemkab Kukar bersama sekitar 40 pemilik IUP di Kutai Kartanegara berkunjung ke beberapa greenhouse dan peternakan domba yang ada di wilayah Hambalang, Kabupaten Bogor.

“Tadi kami sudah ajak jalan ke beberapa greenhouse dan juga peternakan domba di wilayah ini. Mudah-mudahan itu bisa kita kembangkan di Kaltim. Dan insyaa Allah Pak Bupati sudah menyiapkan lahan sekitar 50 hektare di wilayah Kutai Kartanegara,” jelas Akmal.

Akmal Malik menyebut pertemuan ini menjadi langkah awal untuk orkestrasi, untuk kebersamaan, untuk kolaborasi dan untuk memastikan upaya-upaya penanganan ketahanan pangan di Kaltim bisa berjalan dengan baik.

“Kami yakin dengan kontribusi teman-teman swasta, pemerintah kabupaten dan pemerintah provinsi, kita akan bisa membangun ketahanan di Kaltim,” jelas Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri ini. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>