Jokowi Terima Kunjungan Resmi PM Timor Leste Xanana Gusmao di Istana Bogor


Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut kunjungan kenegaraan Perdana Menteri Republik Demokratik Timor Leste Xanana Gusmao Upacara penyambutan dilakukan di Istana Bogor, Jumat (26/1/2024). (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

AKTUALITAS.ID – Presiden RI Joko Widodo menerima kunjungan resmi Perdana Menteri Republik Demokratik Timor Leste Xanana Gusmao di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (26/1/2024).

PM Xanana tiba di Istana Bogor sekitar pukul 09.00 WIB. Kehadirannya disambut dengan pasukan yang mengenakan pakaian adat Indonesia, pasukan berkuda dan korps musik Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Setiba di halaman Istana, Xanana disambut oleh Jokowi, dan prosesi upacara kenegaraan dimulai dengan mengumandangkan lagu kebangsaan masing-masing negara, disertai tembakan meriam sebanyak 19 kali. Lalu kedua pimpinan negara melakukan pengecekan pasukan upacara.

Kemudian para Jokowi dan Xanana memperkenalkan delegasi masing-masing negara. Dimana dari Indonesia terpantau hadir Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Setelah itu kedua pemimpin negara memberikan hormat pada parade pasukan kehormatan yang terdiri dari tiga mantra. Kemudian Jokowi dan Xanana berjalan menuju Ruang Teratai untuk melakukan sesi foto bersama dan penandatangan buku tamu.

Lalu Jokowi langsung mengajak Xanana ke veranda belakang Istana Bogor untuk berbincang sejenak. Momen akrab terekam antara dua pimpinan kepala negara ini.

Lalu Jokowi dan Xanana melakukan prosesi penanaman pohon Merawan. Kemudian pemimpin negara kembali ke Istana untuk melakukan pertemuan tatap muka dan dilanjutkan pertemuan bilateral. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>