Presiden Tunjuk Tito Karnavian Sebagai Plt Menko Polhukam Gantikan Mahfud MD


Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian . (Dok. IST)

AKTUALITAS.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian sebagai pelaksana tugas (Plt) menteri koordinator bidang politik, hukum, dan keamanan (menko polhukam).

Penunjukan Tito sebagai plt menko polhukam tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 20 Tahun 2024 yang telah ditandatangani Jokowi, Jumat (2/2/2024).

Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana menyampaikan Tito bakal menjalankan wewenang dan tanggung jawab sebagai plt menko polhukam sampai Jokowi menunjuk pejabat definitif

“Penunjukan Bapak Tito Karnavian sebagai pelaksana tugas. Wewenang dan tanggung jawab menkobpolhukam Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024 sampai adanya menko polhukam definitif,” ujar Ari dalam keterangan tertulis kepada wartawan, Jumat (2/2/2024).

Diketahui, Mahfud MD telah mengundurkan diri dari kursi menko polhukam karena tidak ingin berseberangan dengan kebijakan Jokowi.

“Maka dahulu, memang kami bicarakan ketika pertama bahwa saya harus mundur itu titik. Kenapa? Kan tidak mungkin saya against kebijakan atau against calon yang didukung Pak Jokowi. Lalu saya masih terus (menjabat), kan tidak bagus. Sehingga saya harus mundur,” kata Mahfud di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Kamis (1/2/2024) petang.

Ia mengungkapkan bahwa alasannya berhenti karena agenda politik. “Saya minta berhenti karena ada agenda politik saya,” ungkap Mahfud. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>