Hari Penuh Barokah, Berikut 5 Doa yang Dianjurkan pada Hari Jumat


Ilustrasi. Berdoa. (ist)

AKTUALITAS.ID – Hari Jum’at merupakan hari yang paling utama (afdhal) dari semua hari dalam sepekan. Dia adalah hari yang penuh barakah. Allah Ta’ala mengkhususkan hari Jum’at ini hanya bagi kaum Muslimin dari seluruh kaum dari ummat-ummat terdahulu.

Membaca dan mengamalkan doa hari Jumat adalah salah satu amalan penting dalam Islam. Khususnya diamalkan pada hari Jumat.

Selain menjadi hari keberkahan, Jum’at juga merupakan waktu yang sangat dianjurkan untuk berdoa.

Berikut adalah lima doa yang dianjurkan pada hari Jumat, disertai dengan teks dalam bahasa Arab, Latin, dan terjemahan dalam bahasa Indonesia:

Doa pada Pagi Hari Jum’at

 اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَآلِ مُحَمَّدٍ، اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي يَوْمِ الْجُمُعَةِ وَاجْعَلْهُ لَنَا خَيْرًا مِنْ يَوْمِنَا، اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا، وَأَنْزِلْ عَلَيْنَا بَرَكَاتِكَ وَرَحْمَتِكَ، وَأَرْزُقْنَا مِنْ حَيْثُ لَا نَحْتَسِبُ.

Allahumma shalli ‘ala Muhammadin wa ali Muhammad, Allahumma barik lana fi yawm al-jumu’ati wa-j’alhu lana khayran min yawmina, Allahumma ighfir lana wa rhamna, wa anzil ‘alayna barakatika wa rahmatika, wa arzuqna min haythu la nahtasibu.

Ya Allah, limpahkanlah shalawat kepada Nabi Muhammad dan keluarganya, Ya Allah, berkahilah kami di hari Jum’at dan jadikanlah itu lebih baik dari hari-hari kami, Ya Allah, ampunilah kami dan rahmatilah kami, turunkanlah berkat dan rahmat-Mu kepada kami, dan berikanlah rezeki kepada kami dari tempat yang tidak kami duga.

Doa saat Mendengar Adzan:

اللَّهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ وَالصَّلَاةِ الْقَائِمَةِ، آتِ مُحَمَّدًا الْوَسِيلَةَ وَالْفَضِيلَةَ، وَابْعَثْهُ مَقَامًا مَحْمُودًا الَّذِي وَعَدْتَهُ.

Allahumma rabba hadhihi ad-da’wati at-tammati wa as-salati al-qaimati, ati Muhammadan al-wasilata wal-fadilata, wab’athhu maqaman mahmudan alladhi wa’adtahu.

Ya Allah, Tuhan panggilan sempurna ini dan shalat yang akan didirikan, berilah Nabi Muhammad kedudukan terhormat dan keutamaan, dan bangkitkanlah dia di tempat terpuji yang telah Engkau janjikan kepadanya.

Doa saat Shalat Jum’at:

اللَّهُمَّ افْتَحْ لِي أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ.

Allahumma iftah li abwaba rahmatika.

Ya Allah, bukalah untukku pintu-pintu rahmat-Mu.

Doa setelah Shalat Jum’at:

اللَّهُمَّ اجْعَلْنَا مِنَ الْمُسْتَغْفِرِينَ، وَاجْعَلْنَا مِنْ عِبَادِكَ الصَّالِحِينَ.

Allahumma ij’alna min al-mustaghfirin, waj’alna min ‘ibadika as-salihin.

 اللَّهُمَّ اجْعَلْنَا مِنَ الْمُسْتَغْفِرِينَ، وَاجْعَلْنَا مِنْ عِبَادِكَ الصَّالِحِينَ.

Allahumma ij’alna min al-mustaghfirin, waj’alna min ‘ibadika as-salihin.

 Ya Allah, jadikanlah kami termasuk orang-orang yang banyak meminta ampun, dan jadikanlah kami termasuk hamba-hamba-Mu yang saleh.

Doa Memohon Kebaikan Dunia dan Akhirat:

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ.

 Rabbana atina fi ad-dunya hasanatan wa-fi al-akhirati hasanatan wa-qina ‘adhaba an-nar.

 Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia ini dan kebaikan di akhirat, dan peliharalah kami dari siksa neraka.

Doa-doa tersebut merupakan sebagian dari anjuran dalam Islam untuk berdoa pada hari Jum’at. Semoga dengan mengamalkannya, kita dapat mendapatkan keberkahan dan ampunan dari Allah SWT. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>