Lebih dari 67 Ribu Produk di Provinsi Jambi Kini Bersertifikat Halal


Contoh produk UMKM Jambi yang telah mendapatkan sertifikasi halal saat mengikuti pameran Syariah Expo di Kota Jambi, Senin (17/7/2023). (ANTARA)

AKTUALITAS.ID – 67 Ribu Produk di Provinsi Jambi Kini Bersertifikat Halal, Program Gratis Digaungkan oleh Satgas

Satuan Tugas (Satgas) Halal Provinsi Jambi telah mencatat pencapaian gemilang dengan lebih dari 67 ribu produk yang kini resmi bersertifikat halal di daerah tersebut. 

Dalam konferensi pers yang diadakan pada Kamis, Nur Cahaya, Sekretaris Satgas Halal Provinsi Jambi, menyampaikan keberhasilan ini sebagai tonggak penting dalam memperkuat kepercayaan konsumen terhadap produk-produk halal.

Menurut data yang dirilis oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), sepanjang tahun 2023, 67 ribu produk telah mendapatkan sertifikasi halal resmi. 

Namun, Cahaya juga menegaskan bahwa masih ada kesempatan bagi UMKM yang belum mengantongi sertifikat halal untuk segera mengurusnya. 

“Kami mengajak seluruh UMKM di Provinsi Jambi yang belum memiliki sertifikat halal untuk segera mengurusnya sebelum 17 Oktober 2024, karena saat ini masih gratis,” ujarnya.

Pada 17 Oktober 2024, batas waktu untuk mendapatkan sertifikasi halal secara gratis akan berakhir, dan proses pengurusan akan menjadi berbayar. Untuk mendorong partisipasi lebih lanjut, Satgas Halal Jambi turut mengajak perusahaan dan BUMN setempat untuk membantu memfasilitasi pelaku usaha dalam mengurus sertifikasi halal produk.

Tidak hanya itu, Satgas Halal Jambi juga telah memperluas jangkauannya dengan mensosialisasikan program ini kepada pedagang kaki lima sejak awal Maret 2024. Target Satgas Halal Jambi untuk tahun ini adalah memberikan sertifikasi halal gratis kepada 22 ribu produk. 

Cahaya menekankan bahwa kolaborasi antara pemerintah daerah, perguruan tinggi, dan lembaga lainnya sangat penting untuk mencapai target tersebut.

Pemerintah tingkat kecamatan dan desa diminta untuk secara aktif mensosialisasikan program ini kepada pelaku usaha, sementara perguruan tinggi di Jambi, termasuk Universitas Jambi, UIN STS Jambi, dan STAI Maarif Jambi, telah terlibat dalam memberikan pendampingan kepada pelaku usaha dalam proses pengurusan sertifikasi halal.

Dengan semakin meningkatnya kesadaran akan pentingnya sertifikasi halal, langkah-langkah yang diambil oleh Satgas Halal Provinsi Jambi diharapkan dapat menjadi contoh bagi daerah lain dalam memperkuat industri halal serta meningkatkan kesejahteraan pelaku usaha lokal. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>