Sekda Gorontalo Utara Ajak Umat Islam Bayar Zakat Fitrah Lebih Awal


Ilustrasi. Zakat fitrah (IST)

AKTUALITAS.ID – Sekretaris Daerah Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, Suleman Lakoro mendorong umat Islam di wilayah pesisir untuk memenuhi kewajiban zakat fitrah lebih awal dalam bulan suci Ramadhan. Dalam sebuah pernyataan di Gorontalo pada Selasa, Suleman menekankan pentingnya zakat fitrah sebagai salah satu rukun Islam yang harus ditunaikan dengan penuh kesadaran.

“Zakat fitrah merupakan salah satu rukun Islam yang ditunaikan pada bulan suci Ramadhan. Saya mengajak kita semua menunaikannya lebih awal,” kata Suleman di Gorontalo, Selasa. 

Menurut peraturan di daerah tersebut, zakat fitrah telah ditetapkan sebesar Rp35 ribu per jiwa. Namun, Suleman juga mengingatkan umat Islam yang mampu untuk memperhatikan kewajiban lainnya seperti zakat maal (harta), infak, dan sedekah.

Dalam upayanya untuk memastikan penyaluran yang tepat dan efisien, Suleman mengajak umat Islam untuk membayar zakat melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) kabupaten tersebut.

“Pemerintah daerah mengajak segenap umat Islam di kabupaten ini untuk menunaikan pembayaran zakat, infak, dan sedekah melalui Baznas untuk memudahkan penyaluran dan dipastikan tepat sasaran,” ujarnya.

Suleman juga menekankan makna zakat sebagai instrumen kehidupan yang membebaskan manusia dari kesempitan hidup. Menurutnya, dalam menunaikan zakat, harus dimaknai sebagai media menghadirkan kebahagiaan sehingga tidak sekadar menjadi kewajiban.

“Saya berharap kita semua dapat menunaikan zakat lebih awal untuk memudahkan penyaluran, serta mendukung kinerja Baznas dalam menyalurkan zakat lebih awal pula,” tambahnya.

Tak hanya itu, Suleman juga mengajak seluruh camat, kepala desa, imam masjid, serta tokoh agama dan adat setempat untuk menyampaikan ajakan menunaikan zakat lebih awal kepada seluruh umat Islam di daerah itu.

Dengan langkah-langkah ini, diharapkan kewajiban zakat fitrah dan amal lainnya dapat dilaksanakan dengan lebih baik dan memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>